PDAM Depok: Masih Ada Apartemen, Ruko dan Hotel Gunakan Air Tanah

Saturday 20 Jul 2019, 4 : 07 pm
by

DEPOK-Depok adalah salah satu Kota metropolitan yang berada dipinggir Ibu Kota. Tak heran jika pembangunan hunian seperi Apartemen, Hotel, Ruko serta pusat perbelanjaan semakin tumbuh seiring waktu.

Namun ada hal yang dikhawatirkan yaitu masih banyak bangunan tersebut menggunakan air tanah dan tidak berlangganan dengan PDAM.

Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, imas menjelaskan pengguna PDAM adalah solusi untuk menyelamatkan tanah dan lingkungan yang ada di Kota Depok untuk 10 dan 20 tahun ke depan.

Dia khawatir penggunaan air tanah yang berlebihan akan memberikan dampak bagi testur tanah di Kota Depok.

“Saya khawatir kalau kita bicara ke depan. Kalau air tanah terus diambil apalagi pemboran air tanah ada di sekitar apartemen atau hunian lainnya. Maka air akan turun ketika air turun itu bisa terjadi kemiringan dan tanah akan turun dan akan berdampak pada bangunnan tersebut,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Dijelaskan Imas di Kota Depok pelanggan PDAM hanya mencapai 18 persen dari total penduduk Depok. Selain itu ia juga membeberkan bahwa masih adanya Apartemen, Hotel, Ruko serta tempat industri yang tidak menggunakan Air PDAM.

“Ada wilayah timur sampai saat ini tidak menggunakan pdam hanya membayar abudemen ,katanya belum full kamar tapi sya lihat kan ada waterbom nya udah jalan. dari mana airnya atau beli tangki, kalau logika tangki lebih mahal nggak mungkin, pasti mengunakan air tanah, “ungkapnya.

Selanjutnya ia juga membeberkan salah satu Hotel serta perusahaan Industri yang menggunakan air PDAM secara tidak wajar.

“Ada perusahaan industri yang tidak wajar, Hotel pun dan tidak wajar pemakaian rata-rata, masa hotel cuman tujuh kubik saya aja bayar 35 kubik dirumah. Masa kalah sama kita dan itu hotel di sekitar Margonda luh, “katanya.

“Kita punya Standar khusus penggunaan. Standard penggunaan hunian 120 liter perhari untk pemakaian,” ucapnya.

Dia menyadari bahwa kendala masih banyaknya warga yang tidak menggunakan PDAM disebabkan oleh kondisi air tanah di Kota Depok masih bagus.

“Setelah kita cek, air tanah di Kota Depok 94 persen masih bagus itu kendala kita. Tapi meski seperti itu tetap harus kerja sama karena sudah perda khusus yang mengatur agar memakai PDAM,” tuturnya.

Selain itu kendala yang lain karena belum ada sanksi yang tegas apabila belum berlangganan denga PDAM.” Belum ada sanksi dan sanksi itu bukan wilayah PDAM. Makanya harus kerja sama dengan Pemkot,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Capital Outflow Bakalan Lebih Luas di 2014

JAKARTA-Regulasi pemerintah Indonesia yang inkonsisten akan menjadi faktor ikutan yang
Pefindo telah menyematkan prospek CreditWatch dengan Implikasi Negatif terhadap peringkat ISAT, sehubungan dengan rencana penggabungan usaha dengan Tri yang diharapkan selesai pada Desember 2021

Pefindo Upgrade Rating KIK-EBA Mandiri GIAA01 Jadi idBB dengan Prospek Negatif

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memutuskan untuk menaikkan peringkat KIK-EBA