PDI Perjuangan Usung Said-Buchori di Pilgub Jatim

Tuesday 2 Apr 2013, 10 : 51 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Belum jelasnya sikap DPP PDI Perjuangan mengusung calon gubernur (Cagub) dalam Pilgub Jatim 2013 sempat menimbulkan teka-teki di kalangan partai berlambang banteng moncong putih ini.

Jika sebelumnya sempat mencuat kabar Ketua PP Muslimat, Khofifah Indar Parawansyah berduet dengan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Bambang DH, kini muncul dua nama yaitu Bendahara DPD PDI Perjuangan Jatim, Said Abdullah dan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, M Buchori yang secara resmi diusung PDI Perjuangan di pilgub Jatim.

Sumber resmi di DPP PDI Perjuangan yang menolak namanya disebutkan mengakui jika minggu lalu seluruh pengurus DPD PDI Perjuangan  Jatim bersama perwakilan DPP PDI Perjuangan melakukan pertemuan dengan agenda pemantapan caleg PDI Perjuangan 2014 mendatang. Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas finalisasi pasangan Cagub dan Cawagub yang akan diusung oleh PDI Perjuangan.

Ternyata dari sekian nama, mengerucut dua nama yaitu Said Abdullah (Anggota DPR RI) dan M Buchori (Walikota Probolinggo). 

Keduanya akan disandingkan untuk bertarung dengan  pasangan incumbent, Soekarwo dan Syaifullah Yusuf. ‘’Memang yang terjadi seperti itu. Apalagi sesuai hasil survey yang dilakukan oleh DPP, dua nama tersebut menduduki urutan teratas.

Sementara Bambang DH jauh dibawahnya. Sementara siapa yang akan duduk di Cagub atau Cawagub menjadi kewenangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri,’’tegasnya, Selasa (2/4).

Karenanya, jika DPP tetap memaksakan Bambang DH sebagai Cagub atau Cawagub Jatim, maka suara PDI Perjuangan dipastikan akan gembos. Mengingat hampir sebagian besar DPC di Jatim menolak dengan alasan figur Bambang DH terkesan angkuh.  Disisi lain nama Bambang DH kurang mendongkrak di Jatim.

“Belum lagi kasus-kasus hukum yang tengah membelitnya. Karena itu, terlalu beresiko bagi PDI Perjuangan jika mengusung Bambang DH,” ujar sumber internal itu.

Yang pasti, lanjutnya dari hasil survey yang dilakukan DPP, hampir seluruh kader mendesak agar Cagub dan Cawagub yang diusung PDI Perjuangan harus dari kader sendiri. Hal ini semata-mata untuk mendongkrak pencapaian suara PDI Perjuangan dalam Pileg 2014 nanti dan Pilpres mendatang.

Secara terpisah, Ketua Bappilu DPD PDI Perjuangan Jatim, Suhandoyo membenarkan jika PDI Perjuangan cenderung mengusung kader sendiri dalam Pilgub Jatim 2013. Nama-nama yang muncul untuk Cagub diantaranya Said Abdullah, Buchori, Suhandoyo dan Sirmadji.

Meski  awalnya nama Bambang DH sempat muncul, namun setelah ada keputusan yang bersangkutan mengundurkan diri dari pencalonan, maka otomatis nama Wawali Kota Surabaya inipun tidak masuk dalam bursa yang dicalonkan dalam Pilgub Jatim.

Ditanya, apakah dalam rapat pleno DPD PDI Perjuangan Jatim minggu lalu sempat muncul dua nama yaitu Buchori dan Said Abdullah yang disebut-sebut kandidat kuat Cagub Jatim, Suhandoyo tidak menolak.

“Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi. Mengingat dari hasil survey internal, dua nama tersebut mendapat dukungan cukup banyak. Namun untuk keputusannya tetap kami serahkan ke DPP,” pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Untuk tesis Benny K Harman itu, sayalah yang membimbingnya. Kalau gitu dia dibimbing sama pengikut Hitler,

Yusril: Kalau Begitu, BKH Pengikut Pemikiran Hitler

JAKARTA-Perang opini antara pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra

Banser Majalengka Gelar Diklatsar di Lereng Cakrabuana

MAJALENGKA-Banser NU Majalengka menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Angkatan