Pembayaran Digital Industri FinTech Capai Total Transaksi US$21 Juta

Tuesday 31 Jul 2018, 5 : 55 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA- Data Asosiasi FinTech Indonesia menyebutkan terdapat 235 perusahaan FinTech yang beroperasi di Indonesia saat ini, dimana lebih dari setengahnya didirikan dalam dua tahun terakhir. Pembayaran digital oleh FinTech telah mencapai nilai total transaksi sebesar US$21 juta di Indonesia.

“Dengan regulasi yang tepat, industri Fintech Indonesia dapat memberikan pembiayaan yang sangat dibutuhkan oleh usaha mikro, kecil dan menengah serta mendukung pencapaian tujuan pemerintah Indonesia dalam hal inklusi finansial,” ujar Chief Executive Officer IFC, Philippe Le Houérou dalam Forum Inklusi Finansial FinTech Indonesia di Jakarta yang diselenggarakan oleh Asosiasi FinTech Indonesia dan IFC, sebagai bagian dari rangkaian acara Voyage to Indonesia Selasa (31/7).

Menurut pimpinan dari lembaga pembangunan terbesar dunia yang berfokus pada sektor swasta ini, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia “tetap secara signifikan terhambat dalam mendapatkan kredit.
Pada tahun 2017, kesenjangan keuangan untuk bisnis ini diperkirakan mencapai $ 166 miliar atau 19 persen dari PDB. Terdapat 58 juta usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia, yang mempekerjakan 89 persen tenaga kerja sektor swasta, dan berkontribusi hingga 60 persen dari PDB negara tersebut.

Secara keseluruhan, Le Houérou mengatakan bahwa Indonesia telah mengambil langkah-langkah penting untuk meningkatkan inklusi finansial.

“Indonesia telah mencapai kemajuan besar dalam inklusi keuangan, namun masih banyak yang harus dilakukan untuk menjembatani kesenjangan akses keuangan,” katanya.

“Dengan kerangka kerja pengaturan dan pengawasan yang tepat, FinTech dapat memberi pelanggan akses kepada layanan pembayaran, tabungan, investasi, kredit, dan asuransi,” terangnya.

Menurut Findex 2017, hanya 49 prosen orang dewasa di Indonesia yang memliki akses ke pelayanan finansial formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah

Said Abdullah: Fix, No Debat dan Tak Perlu Tafsir Ganda, Jokowi Dukung Ganjar

JAKARTA-Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah memastikan dukungan Presiden Joko

Seknas Puan Maharani Siap “Wangikan’ Puan ke Pelosok Negeri

JAKARTA-Relawan pendukung Puan Maharani akan terus bergerak ke seluruh pelosok