Pemerintah Tetap Komit, Pemanfaatan EBT Capai 23% Pada Tahun 2025

Thursday 10 Jan 2019, 8 : 13 am
by
Menteri ESDM, Ignasius Jonan

PROBOLINGGO – Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan kembali menegaskan bahwa Pemerintah tetap berkomitmen untuk meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam bauran energi nasional sebesar 23% pada tahun 2025.

Pengembangan dan pemanfaatan EBT dilakukan dengan Pemerintah melalui keekonomian dan keterjangkauan.

“Untuk energi baru terbarukan, komitmen Pemerintah di COP 21 di Paris itu 23% menggunakan energi baru terbarukan (EBT) di tahun 2025. Komitmen ini tetap kita pertahankan dan akan kita laksanakan,” ujar Jonan di sela-sela kunjungan kerja ke PLTU Paiton, Selasa (8/1).

Jonan menjelaskan, komitmen pemanfaatan EBT ini meliputi dua sektor yang terbesar, yaitu kelistrikan dan transportasi.

Di sektor kelistrikan hingga saat ini telah mencapai sekitar 13%, dalam 2 hingga 3 tahun kedepan diperkirakan akan naik menjadi 16 sampai 17%.

“Pembangkit-pembangkit listrik tenaga air yang besar-besar dalam dua hingga tiga tahun mendatang akan tumbuh banyak dan selesai, ditambah lagi dengan panas bumi, pembangkit listrik tenaga surya, bayu (angin) dan biomasa,” jelas Jonan.

Sementara dari sisi transportasi, pemanfaatan EBT adalah dengan penggunaan campuran biodiesel sebanyak 20% (B20) dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak solar.

“Untuk transportasi, untuk mesin yang menggunakan solar, sekarang semua menggunakan B20. Termasuk industri juga,” tambah Jonan.

Sebagaimana diketahui, kapasitas pembangkit EBT terus meningkat, hingga akhir tahun 2018.

Kapasitas terpasang pembangkit panas bumi telah mencapai 1.948,5 Megawatt (MW).

Sementara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), pada akhir tahun 2018 mencapai 331,8 MW.

Di samping itu, telah beroperasi pula PLTB Sidrap dengan kapasitas 75 MW dan PLTB Jeneponto sebesar 72 MW siap beroperasi.

Untuk kapasitas terpasang pembangkit bioenergi telah mencapai 1.858,5 MW, terdiri dari PLT Biomassa, Biogas, PLT Sampah, dan Biofuel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Survei BI: Kegiatan Dunia Usaha Triwulan II-2016 Meningkat

JAKARTA-Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kegiatan usaha pada

Perlu Upaya Preventif Cegah Penyakit Kanker

TANGERANG-Setiap tahun di dunia, jutaan orang baru terdeteksi mengidap penyakit