Pencapaian Project Management 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Lampaui Target

Tuesday 4 Dec 2018, 1 : 35 pm
by
Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 DPP Hiramsyah S. Thaib.

Program Sales Mission Mandalika adalah kegiatan untuk mengenalkan destinasi wisata Indonesia khususnya Mandalika kepada para travel agent dan tour operator di Seoul dan Busan. Peran travel agent dan tour operator sangat penting dalam menyebarkan informasi pesona wisata Mandalika.

“Saya yakin, melalui kegiatan ini kunjungan wisatawan dari Korea, China dan Jepang ke Indonesia akan terus meningkat,” urainya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Hiramsyah, potensi wisatawan dari tiga negara tersebut sangat tinggi dan hal ini menjadi peluang emas bagi pariwisata Indonesia.

“Dengan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan ini, saya optimis para wisatawan akan menentukan pilihan utama kunjungan wisatanya ke Indonesia,” katanya.

Sementara itu dalam pertemuan di Tokyo pada 19-21 November, Tim Percepatan Pembangunan 10 DPP bersama dengan Rachmat Gobel, Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Jepang (Special Envoy of the President of the Republic of Indonesia for Japan) berkesempatan bertemu dengan Shigeru Kiyama, Penasihat Khusus Kabinet Jepang dan Duta Besar untuk Kerjasama Ekonomi dalam Bidang Kualitas Promosi Investasi Infrastruktur (Special Advisor to the Japanese Cabinet and Ambassador for Economic Cooperation on Quality Infrastructure Investment Promotion) serta pimpinan Japan Tourism Agency.

Dalam kunjungan di Tokyo, antara lain dibahas perkembangan 10 DPP. Secara terpisah juga dilakukan pembahasan tentang Tanjung Kelayang dan Tanjung Lesung menindaklanjuti kunjungan Japan Tourism Delegation Mission yang pada akhir Oktober lalu mengunjungi kedua destinasi tersebut.

Dalam lawatan di Jepang, Hiramsyah menyatakan, banyak peluang investasi bagi para pengusaha Jepang di 10 Bali Baru terutama di Morotai, Tanjung Lesung dan Tanjung Kelayang-Belitung, termasuk investasi di bidang infrastruktur.

“Kami juga memaparkan perkembangan pembangunan insfrastruktur di destinasi wisata, khususnya Tanjung Kelayang dan Tanjung Lesung. Diantaranya pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang di Tanjung Lesung, pengadaan lahan seksi I Serang-Rangkasbitung yang telah selesai Oktober 2017, kemudian dilanjutkan pengadaan seksi II Rangkasbitung-Cileles yang ditargetkan selesai Februari 2019, dengan target konstruksi November 2019 untuk seksi I dan Agustus 2020 untuk seksi II,” ulasnya.

Terkait dengan pengumuman pemerintah mengenai tax holiday untuk sejumlah sektor usaha pionir, perusahaan yang mendapatkan penugasan dari pemerintah yang berhubungan dengan Proyek Strategis Nasional (PSN) dapat mengajukan permohonan tax holiday.

Hiramsyah menambahkan, 10 Bali Baru merupakan Proyek Strategis Nasional. Dengan demikian para pelaku usaha yang melakukan investasi dalam 10 Bali Baru dapat menikmati fasilitas fiskal tersebut.

“Kami percaya bahwa kebijakan tax holiday ini akan mengakselerasi pengembangan 10 Bali Baru. Hal ini selaras dengan rencana pemerintah untuk menjadikan 10 Bali Baru sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” tegasnya.

Pemerintah akan memberikan fasilitas tax holiday yang lebih rendah untuk investor yang akan berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus dengan minimal nilai investasi sebesar Rp 20 miliar.

”Saat ini empat destinasi 10 Bali Baru telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, KEK yaitu Tanjung Lesung di Banten, KEK Morotai di Maluku Utara, KEK Mandalika di NTB dan KEK Tanjung Kelayang di Bangka Belitung,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Sebut Kondisi Perbankan Nasional Tahan Risiko

JAKARTA-Sektor perbankan nasional yang merupakan industri dengan porsi aset keuangan

ULN Swasta Berada di Jalur Merah

JAKARTA-Utang luar negeri (ULN) swasta sudah berada di jalur merah.