Pendapatan BLU Diprediksi Rp73 Triliun Pada 2019

Tuesday 22 Nov 2016, 6 : 26 pm
PT Samudera Indonesia Tbk
Ilustrasi

JAKARTA-Kementerian Keuangan memproyeksikan total pendapatan instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum (BLU) pada 2019 akan mencapai Rp73 triliun.

“Apabila dilakukan proyeksi dengan pertumbuhan 20 persen maka tahun 2019 diperkirakan pendapatan BLU akan mencapai 73 triliun,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Selasa, (22/11/2016)

Sri Mulyani menambahkan pendapatan BLU yang mulai diterapkan sejak 2005, meningkat dari waktu ke waktu.

“Pendapatan BLU periode 2008-2015 meningkat secara signifikan, pendapatan BLU tahun 2008 sebesar Rp3,7 triliun, pada tahun 2015 telah mencapai lebih dari 11 kali lipat yaitu Rp35,3 triliun, yaitu meningkat rata-rata 20 per tahunnya,” ujarnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Duni ini menjelaskan apabila dilakukan proyeksi dengan pertumbuhan 20 persen maka tahun 2019 diperkirakan pendapatan BLU akan mencapai Rp73 triliun. P

ada saat pertama kali dibentuk BLU pada tahun 2005, jumlah BLU baru sebanyak 13 instansi terutama adalah rumah sakit yang sebelumnya berbentuk Perjan.

“Jumlah BLU dalam 10 tahun terakhir berfluktuasi. Hingga kini jumlah BLU menjadi sebanyak 182 dan pada tahun 2016, ada 16 BLU baru yang berasal dari 4 kementerian,” katanya.

Keempat kementerian tersebut yaitu Kementerian Perhubungan 9 BLU, Kementerian Kelautan dan Perikanan satu BLU, Kepolisian Republik Indonesia 6 BLU dan Kementerian Pertahanan satu BLU yaitu RSPD Gatot Subroto.

Menurut Sri Mulyani, BLU yang ada sekarang ini didominasi oleh rumah sakit dan institusi pendidikan.

Dua institusi itu merupakan dua BLU yang sangat penting di dalam pelayanan publik dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan memberikan perbaikan bagi kesejahteraan masyarakat.

“Rumah sakit di dalam era jaminan kesehatan nasional ini hampir 70 persen klaim BPJS berasal dari layanan rumah sakit pemerintah dan di antara rumah sakit pemerintah rumah sakit yang besar telah menerapkan pola keuangan BLU atau BLUD sesuai dengan amanat UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Rumah Sakit,” katanya.

Ia menyebutkan BLU rumah sakit terbesar saat ini adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan RSPAD Jakarta, pendapatannya telah melampaui Rp1 triliun per tahun dan kedua rumah sakit ini merupakan barometer kinerja pelayanan kesehatan publik. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Soal Akuisisi, Menteri BUMN Jangan Salah Langkah

JAKARTA- Ketua DPR Marzuki Alie meminta Menteri BUMN Dahlan Iskan

Gerakan Ekayastra Unmada: Premi BPJS Tak Perlu Dinaikkan

JAKARTA-Kementerian Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Badan Penyelenggaran Jaminan