Pendidikan Karakter Meriahkan HPN

16
photo ist

AMBON-PWI Pusat akan mengadakan pendidikan karakter untuk generasi muda Maluku. Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa dan siswa se Maluku. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN), Nurjaman Mochtar,  saat menggelar serangkaian pertemuan di Ambon, Maluku Senin (14/11).

Ia bertemu Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Maluku M Saleh Thio dan Rektor Universitas Pattimura MJ Saptenno. Nurjaman juga mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Sosial Pemprov Maluku Sartono Pinning.

Pendidikan karakter untuk siswa akan diadakan pada Sabtu, 14 Januari 2017. Sedangkan untuk mahasiswa akan diadakan pada Rabu, 7 Desember 2016. Untuk tingkat SLTA akan diadakan di Islamic Centre, namun ada kemungkinan diadakan di auditorium Unpatti. Adapun untuk tingkat mahasiswa akan dilangsungkan di auditorium Unpatti. “Masing-masing akan diikuti seribu hingga dua ribu peserta,” kata Nurjaman.

Nurjaman mengatakan pendidikan ini sangat penting dalam menghasilkan generasi muda yang kompetitif, kreatif, mandiri, dan berdaya juang. “Ini akan sangat berarti bagi masyarakat Maluku yang terus berbenah untuk maju,” ujarnya.

Masyarakat Maluku pernah mengalami masa yang pahit ketika terjebak konflik 1999 hingga 2003. Hal itu membuat Maluki mengalami keterlambatan dalam memacu kemajuan. Pada sisi lain gelombang globalisasi dan pembangunan nasional terus berjalan. “Jadi pendidikan karakter ini sangat penting artinya dan diharapkan merupakan kontribusi PWI dan panitia HPN,” tuturnya.

Pendidikan karakter ini akan menghadirkan pembicara dari Jakarta seperti Wicaksono, Andi Noya, dan Najwa Shihab. Wicaksono adalah pengusaha muda yang sukses dalam mengembangkan bisnis kelautan. Materi ini penting bagi masyarakat Maluku yang 93 persesn wilayahnya adalah laut. Laut di wilayah Maluku dikenal sebagai penghasil ikan yang besar. Sedangkan Andi Noya adalah profil putra Maluku yang sukses. Najwa adalah cermin perempuan muda yang berhasil.

Pertemuan dengan kepala Dinas Sosial membicarakan rencana kegiatan sosial yang menjadi rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional yang ajan berlangsung di Ambon pada Februari 2017. Ada banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan.