Penetrasi Internet Dorong Inklusi Keuangan

Monday 15 Oct 2012, 12 : 36 pm
by
Politikus Senior Partai Demokrat, Syarief Hasan

JAKARTA-Pemerintah mendorong penetrasi internet.

Karena bisa menggerakan ekonomi hingga pedesaan. Alasanya, penggunaan internet akan berdampak pada perluasan inklusi keuangan dan gerakan kewirausahaan ekonomi kecil di Tanah Air.

“Ini dampaknya besar sekali. Apalagi bila program perluasan infrastruktur telekomunikasi pemerintah dan swasta berjalan lancar sampai ke desa-desa,” kata Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan di Jakarta,Senin,15 Oktober 2012.

Menurut Menkop dan UKM, saat ini masyarakat yang terjangkau layanan perbankan memang masih sangat kecil yakni baru 20 % dari total populasi, sementara sisanya belum mengenal layanan perbankan.

“Baru sekitar 64 juta yang punya rekening bank. Ini peluang usaha bagi perbankan tapi juga tantangan bagi pemerintah dan swasta. Namun dengan penetrasi internet yang semakin kuat, kita optimistis akan meningkatkan financial inclusion utamanya keuangan mikro,” ujarnya

Menurut dia, penetrasi internet itu juga akan mendorong gerakan kewirausahaan di masyarakat karena akan semakin banyak warga masyarakat yang terlayani perbankan atau lembaga keuangan melalui internet dan jaringan mobile banking.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari mengatakan, potensi keuangan mikro ke depan sangat besar dalam mendorong produk domestik bruto (PDB) ke depan.

Don't Miss

Tahta Suci Vatikan Dukung PWKI Kampanye Perdamaian

ROMA-Takhta Suci Vatikan menegaskan akan terus memperjuangkan perdamaian antara Ukraina

Ditjen Pajak Beri Perlakuan Khusus Bagi Wajib Pajak di NTB

JAKARTA-Direktur Jenderal Pajak memberikan pengecualian pengenaan sanksi perpajakan serta perpanjangan