Pengamat Sayangkan Demokrat Bangun Eksistensi Dengan Hoaks

Wednesday 9 Jan 2019, 12 : 54 pm

JAKARTA, Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai diamnya Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam kasus cuitan 7 kontainer suara tercoblos oleh Wasekjen Demokrat Andi Arief, sebagai strategi politik baru Demokrat.

“Hanya saja strategi itu dengan hoaks. Karena, serangan politik kebohongan justru kontraproduktif dan paradoks dengan politik SBY dan bisa merugikan Demokrat,” tegas Adi Prayitno, Selasa (8/1/2018) malam.

Strategi itu kata Adi, karena kesantunan politik SBY selama ini tak cukup untuk mempertahankan eksistensi dan elektabilitas Demokrat. “Kecenderungan arah mata angin politik 2019 tak memihak Demokrat. Karenanya, perlu strategi lain yang lebih nendang ke publik,” ujarnya.

Selama ini lanjut Adi, Demokrat cenderung bermain aman, namun kini menggunakan strategi ganda. “Di satu sisi tetap berteguh pada narasi ketokohan SBY yang santun dan cool. Tapi, di sisi lain menyerang sebagai bagian peneguhan eksistensi Demokrat,” tambahnya.

Karena itu wajar jika SBY diam dalam kasus cuitan Andi Arief tersebut. “Dengan kasus Andi Arief itu, maka Demokrat banyak dibicarakan publik, dan dengan begitu publik diharapkan bisa dikonsolidasi untuk memilih Demokrat di pemilu 2019,” ungkapnya.

Yang pasti kata Adi, setiap partai selalu ada orang seperti Andi Arief, striker tunggal yang siap bertarung di barisan depan.”Fungsinya banyak. Salah satunya untuk menyerang lawan politik secara sporadis. Secara politik boleh saja, namun paradoks jika amunisi diskursus yang dibangun dengan hoaks,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Prabowo Kungjungi PSI, Hasto: PDIP Terbuka Jalin Silahturami

JAKARTA-Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, pilih menanggapi

Pemerintah Anggarkan Rp 10 Triliun Untuk Kartu Pra Kerja

JAKARTA-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menganggarkan Rp10 triliun untuk program kartu