Pengawas UNBK Sita Ratusan Hp Pelajar SMAN 6 Tangsel

Tuesday 2 Apr 2019, 2 : 59 pm
by

TANGERANG-Ratusan handphone pelajar SMAN 6 Tangerang Selatan (Tangsel), disita pengawas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019, sejak hari pertama pelaksanaan Senin 1 April 2019 kemarin.

Kepala SMAN6 Tangsel, Agus Hendrawan mengungkapkan, penyitaan ratusan telepon genggam siswa peserta UNBK sengaja dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kebocoran soal.

“Sengaja kami lakukan, agar ujian berjalan tertib dan lancar, serta terhindar dari kebocoran soal,” ungkap dia, Selasa 2 April 2019.

Dia mengatakan UNBK tingkat SMA di sekolah tersebut, telah berlangsung sejak awal pelaksanaan di tahun 2016 lalu. Pihaknya juga memastikan tidak mendapati adanya kendala teknis dalam pelaksanaan UNB K kali ini.

“Dari beberapa simulasi yang kami lakukan, semua berjalan lancar. Hari pertama kemarin juga berjalan sesuai,” ucap dia.

Untuk pelaksanaan UNBK tahun ini, peserta SMAN6 Tangerang Selatan sebanyak 402 siswa. Mereka terbagi ke dalam tiga kelompok ujian, mulai dari Pagi, siang dan sore.

Diucapkan Agus, penyitaan Handphone siswa ini juga mengantisipasi adanya penyimpanan kunci jawaban soal, atau upaya siswa mencari bocoran jawaban.

“Alat komunikasi sekarang inikan semakin canggih, bisa browsing atau chating juga bahaya, bisa mengganggu. Selain HP, tas dan buku pelajaran siswa juga kami larang untuk dibawa masuk ke ruang ujian,” katanya.

Ninda, peserta UNBK SMAN 6 Tangsel mengaku, tak mendapati kendala dalam pelaksanaan UNBK di hari pertama kemarin.

Dia juga mengaku, telah melakukan persiapan matang, demi kelancaran pelaksanaan UNBK.

“Sungguh-sungguh dong, walaupun sudah tidak menjadi barometer kelulusan, tapikan sayang kalau main-main, karena buat bekal masuk kampus negeri,” ucap mantan pengurus OSIS ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Optimistis Konsep Ibu Kota Baru Akan Berhasil

BALIKPAPAN-Presiden Joko Widodo optimistis konsep pembangunan ibu kota baru di
BSI

BSI Gelar Akad Massal 1500 Nasabah KPR Sejahtera

JAKARTA-Bank Syariah Indonesia (BSI) melaksanakan akad massal 1500 nasabah Program