Penggerak Ekonomi Indonesia Dari 6 Industri

Monday 11 Dec 2017, 12 : 36 pm
kemenperin.go.id

JAKARTA-Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto menyampaikan enam sektor industri nasional yang menjadi andalan untuk mendongkrak pertumbuhan industri pada 2018. Bahkan keenam sektor industri itu menjadi andalan karena mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun ini. “Sektor industri tersebut yakni industri logam dasar, makanan dan minuman, alat angkut, mesin dan perlengkapan, kimia dan farmasi, serta elektronika,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Seminar Outlook Industry 2018 di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Airlangga menyampaikan keenam sektor industri itu menjadi andalan karena mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun ini. Industri logam dasar tumbuh 10,6 persen; industri alat angkut tumbuh 5,6 persen; industri makanan dan minuman tumbuh 9,49 persen; industri mesin dan perlengkapan tumbuh 6,35 persen; industri kimia dan farmasi tumbuh 8 persen.

Angka tersebut sekaligus mengindikasikan bahwa basis utama industri bergerak dan tumbuh, serta terdapat kepercayaan baik dari sisi pelaku industri maupun pasar dalam negeri terhadap pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga juga menyampaikan bahwa kontribusi pertumbuhan industri tahun ini mendekati 20 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Diketahui, pertumbuhan industri sepanjang 2017 mengalami fluktuasi, di mana pada kuartal I pertumbuhan industri mencapai 4,3 persen, atau di bawah pertumbuhan ekonomi kuartal I sebesar 5,01 persen.

Kemudian, pada kuartal II industri tumbuh 3,89 persen atau di bawah pertumbuhan ekonomi kuartal II sebesar 5,01 persen dan kuartal III industri tumbuh 5,49 persen lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi kuartal III sebesar 5,06 persen. ***

Don't Miss

Kemitraan ini diharapkan mampu memenuhi komitmen Indonesia dalam mereduksi emisi gas rumah kaca sesuai Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2030 sebesar 29% dari Bussiness As Usual (BAU) dengan kemampuan sendiri, dan 41% dengan bantuan internasional.

Akselerasi Pemanfaatan EBT, Pangsa Pasar Energi Terbarukan Terus Diperluas

JAKARTA-Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber energi yang ramah

Produsen Otomotif Nasional Siap Produksi Mobil Listrik

TANGERANG-Sejumlah produsen otomotif di Indonesia telah siap memproduksi kendaraan listrik