Penjualan Eceran Juni 2017 Tumbuh 6,3%

475
Ilustrasi

JAKARTA-Penjualan eceran pada Juni 2017 tumbuh meningkat sejalan dengan kenaikan permintaan masyarakat pada periode bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran Juni 2017 yang naik 6,3% (yoy), lebih tinggi dibandingkan 4,3% (yoy) pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Agusman menjelaskan peningkatan penjualan ritel terjadi baik pada kelompok makanan maupun nonmakanan. Secara regional, kenaikan IPR tertinggi pada Juni 2017 terjadi di wilayah Banjarmasin.

Penjualan ritel diperkirakan cenderung menurun pada Juli 2017. Hal ini terindikasi dari IPR Juli 2017 yang turun atau tumbuh negatif 3,0% (yoy) sejalan dengan kembali normalnya konsumsi masyarakat pasca hari raya Idul Fitri.

“Penurunan penjualan terbesar diperkirakan terjadi pada kelompok non makanan,” terangnya.

Survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran pada tiga bulan mendatang (September 2017) menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

Indikasi tersebut terlihat dari turunnya Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang yakni dari 138,3 pada bulan sebelumnya menjadi 133,3.