Perbankan Beri Bantuan Warung Tradisional Binaan Alfamart

Saturday 18 Nov 2017, 7 : 52 pm
by
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyaksikan penyerahan bantuan modal dari perbankan kepada warung tradisional binaan Alfamart yang berlangsung di Kantor Pusat PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Kota Tangerang, Sabtu (18/11).

TANGERANG-Alfamart menjalin kesepakatan kerja sama dengan perbankan (BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Sinarmas) dalam pemberdayaan warung tradisional. Penyuplai Alfamart juga turut berperan menyukseskan program ini.

Sebelumnya, Indogrosir telah mengambil langkah serupa di awal November 2017 lalu.

“Kementerian Perdagangan mengapresiasi langkah yang diambil Alfamart yang merupakan wujud nyata kepedulian sekaligus keberpihakan ritel modern dan perbankan dalam pemberdayaan warung tradisional dan pelaku UMKM, serta menciptakan ekonomi berkeadilan,” tegas Menteri Perdagangan Enggartiasto (Mendag), dalam penyerahan bantuan modal dari perbankan kepada warung tradisional di Kantor Pusat Alfamart, Tangerang Sabtu (18/11).

Mendag Enggar menekankan bahwa ritel modern dan perbankan harus saling bahu-membahu, menopang tumbuh dan berkembangnya warung sebagai bagian dari kebijakan Pemerintah guna mengatasi ketimpangan yang terjadi di sektor ritel.

Berdasarkan data Nielsen Indonesia, pada tahun 2014 terdapat lebih dari 3 juta warung yang harus mendapat perhatian serius dari seluruh pemangku kepentingan terutama ritel modern yang disinyalir menimbulkan persaingan tidak sehat dengan warung.

“Pemerintah menaruh perhatian serius terhadap keberlangsungan usaha tiga juta warung yang tidak mampu bersaing dengan ritel modern. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh pelaku usaha ritel modern dalam semua format untuk wajib ikut membantu keberadaan warung tradisional,” tandasnya.

Menyambut baik kerja sama yang terjalin, Roy Mandey selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) memberi dukungan sepenuhnya atas program kemitraan antara ritel modern, perbankan, dan warung tradisional ini. Pada acara ini, penyerahan bantuan modal dilakukan secara simbolis oleh BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, serta Bank Sinarmas kepada warung tradisional.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selaku pengelola lebih dari 13.000 toko Alfamart siap menjalankan kemitraan dengan warung tradisional, bahkan akan dikembangkan juga dengan merevitalisasi warung tradisional di berbagai daerah di Indonesia.

“Dengan dukungan berbagai pihak, tentunya akan lebih banyak warung tradisional yang bisa dirangkul melalui program kemitraan ini. Lebih dari itu, kami berharap program ini tidak hanya menjadi besar tetapi juga berkelanjutan,” ujar Roy Mandey.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tren Positif Hulu Migas Terus Berlanjut, 6 Blok Beralih ke Skema Gross Split

JAKARTA – Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Konsumen Tunggu UFC 2 Dari Daihatsu

JAKARTA-Meski Daihatsu sudah memiliki program pengembangan mobil murah (LCGC) dengan