Percepat Hilirisasi Sektor Tambang Di Kaltara

Wednesday 22 Mar 2017, 7 : 54 am

JAKARTA-Propinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Apalagi posisinya strategis berbatasan langsung dengan Malaysia. Dari sisi lapangan usaha, 24,65 persen perekonomiannya disumbang oleh sektor pertambangan dan 18,09 persen lainnya disumbang oleh sektor pertanian. “Oleh karena itu segera lakukan hilirisasi dan pengembangan industri pengolahan hasil-hasil tambang,” kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja pada Selasa, 21 Maret 2017, di Kantor Presiden, Jakarta.

Meskipun demikian, kata presiden, angka pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Utara masih pada posisi 3,75 persen akibat pengaruh fluktuasi harga komoditas, terutama komoditas hasil tambang di pasar dunia. “Saya minta momentum ini digunakan untuk menata kembali sektor-sektor unggulan di Provinsi Kalimantan Utara agar ke depan bisa menjadi mesin pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, yang berdampak pada kesejahteraan rakyat di Kalimantan Utara,” ujar Presiden.

Kepala Negara juga mengingatkan agar dilakukan hilirisasi dan pengembangan industri pengolahan hasil-hasil tambang. Selain itu, dirinya juga meminta jajarannya untuk menghubungkan pengembangan sektor pertanian dan perkebunan dengan sektor industri pengolahan sehingga pertumbuhan ekonomi Kalimantan Utara menjadi lebih berkualitas.

Berkaitan dengan masalah infrastruktur, Presiden Joko Widodo meminta agar revitalisasi Bandara Juwata dan Bandara Sebatik dapat segera diselesaikan sehingga memperlancar konektivitas antardaerah di Tanah Air.

Begitu pula dengan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan harus diupayakan guna memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Kalimantan Utara.
“Saya juga minta pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan segera dilaksanakan agar rakyat di Kalimantan Utara, terutama yang memiliki industri rumah tangga mendapatkan akses listrik yang cukup untuk industri rumah tangga mereka,” ucap Presiden.

Masalah air bersih juga menjadi perhatian pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Mengingat saat ini, berdasarkan data yang diterima masih ada banyak penduduk di Kalimantan Utara yang belum mendapatkan akses air bersih. “Ada tiga kabupaten yang angkanya masih sangat tinggi: Nunukan, Malunau dan Tana Tidung. Dan ini kita minta juga agar diperhatikan,” ujar Presiden mengakhiri arahannya.

Don't Miss

Setelah Mekaar dan Bank Wakaf, Pemerintah Sekarang Punya Program Ekonomi Umat

TASIKMALAYA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, pemerintah sekarang ini mempunyai program

Diresmikan Awal Agustus, Seluruh Pekerjaan Infrastruktur Asian Games Selesai

JAKARTA-Pembangunan dan renovasi venue dan bangunan pendukung di Kompleks GBK