Perdagangan Rokok Ilegal Rugikan Negara Rp 9 Triliun

Sunday 21 Aug 2016, 3 : 21 pm
by
Head of Regulatory Affairs, International Trade and Communications PT HM Sampoerna Tbk Elvira Lianita

JAKARTA-PT HM Sampoerna Tbk menilai penaikan cukai eksesif atau terlampau tinggi bukan langkah bijaksana untuk menekan konsumsi rokok. Langkah tersebut justru kontraproduktif dengan upaya pengendalian konsumsi rokok, peningkatan penerimaan negara, dan perlindungan tenaga kerja. “Dengan tingkat cukai saat ini,  perdagangan rokok Ilegal telah mencapai 11,7 persen dan merugikan negara hingga Rp 9 triliun (berdasarkan studi dari beberapa Universitas nasional),” ujar Head of Regulatory Affairs, International Trade and Communications PT HM Sampoerna Tbk Elvira Lianita dalam keterangannya, Minggu (21/8).

Menurutnya, kenaikan harga drastis maupun kenaikan cukai secara eksesif bukan merupakan langkah bijaksana karena setiap kebijakan yang berkaitan dengan harga dan cukai rokok harus mempertimbangkan seluruh aspek secara komprehensif. “Aspek tersebut terdiri dari seluruh mata rantai industri tembakau nasional (petani, pekerja, pabrikan, pedagang dan konsumen), sekaligus juga harus mempertimbangkan kondisi  industri dan daya beli masyarakat saat ini,” imbuhnya.

Kebijakan cukai yang terlalu tinggi jelas Elvira akan mendorong naiknya harga rokok menjadi mahal sehingga tidak sesuai dengan daya beli masyarakat. “Jika harga rokok mahal, maka kesempatan ini akan digunakan oleh produk rokok ilegal yang dijual dengan harga sangat murah dikarenakan mereka tidak membayar cukai,” tuturnya.

Terkait dengan harga rokok di Indonesia yang dibandingkan dengan negara-negara lain, maka perlu dilakukan kajian yang menghitung daya beli masyarakat di masing-masing negara. “Jika kita membandingkan harga rokok dengan pendapatan domestik bruto (PDB) perkapita di beberapa negara, maka harga rokok di Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sekjen PBNU: Banyak Warga NU Menginginkan Ganjar-Erick

PASURUAN-Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menilai pernyataan Ketum GP

TAKEN Adukan Hakim MK ke Dewan Etik

JAKARTA-Tim Advokasi Kedaulatan Ekonomi Indonesia (TAKEN) akan melaporkan Hakim Mahkamah