Perluas ke Asuransi Mikro, Prudential Luncurkan PRUaman

Wednesday 17 Apr 2013, 7 : 20 pm
by

JAKARTAPT- Prudential Indonesia meluncurkan PRUaman, produk asuransi mikro pertama dari Prudential.  PRUaman memberikan perlindungan keuangan kepada rumah tangga berpendapatan rendah dengan harga terjangkau dan mudah diakses melalui Lembaga Keuangan Mikro dan Bank Perkreditan Rakyat ketika mereka dihadapkan pada peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup mereka. Di lain pihak, Lembaga keuangan mikro memperoleh manfaat berupa perlindungan terhadap pinjaman pokok yang diberikannya kepada nasabah, yang pada gilirannya dapat mendorong berkembangnya industri keuangan mikro yang lebih sehat di Indonesia.   “Dengan PRUaman kami membuka pintu lebih lebar untuk masa depan ekonomi yang lebih sehat dengan mengurangi hambatan bagi keluarga Indonesia dalam melindungi masa depan keuangan mereka,” jelas Presiden Direktur Prudential Indonesia, William Kuan, di Jakarta, Rabu (17/4).

Untuk segmen mikro,  kata dia, Prudential menciptakan produk asuransi jiwa bagi mitra dan nasabah dengan menyatukan empat kriteria kunci yang merupakan prioritas bagi mereka.

Keempat kriteria yang membentuk landasan dari PRUaman kata dia aksesibilitas, harga yang terjangkau, kesederhanaan, dan kemudahan dalam penggunaan. “Kami bertekad untuk menciptakan produk yang memiliki aksesibilitas tinggi dan harga yang terjangkau, mudah untuk dibeli, proses pertanggungan yang sederhana dan mudah untuk digunakan dalam hal pengajuan klaim. Dan merupakan sebuah produk yang secara langsung terkait dengan inisiatif pendidikan kesadaran finansial,” imbuh dia.

Dia menjelaskan, pengembangan PRUaman didasarkan pada riset pasar mendalam yang menunjukkan kebutuhan nyata akan perlindungan keuangan di segmen mikro baik untuk pemberi pinjaman dan peminjam. Riset pasar tersebut mencakup analisis kesenjangan produk yang ada melalui penilaian permintaan asuransi mikro.

Di segmen mikro, asuransi dianggap mahal, dengan proses persyaratan, pertanggungan dan klaim yang rumit. Karena rendahnya kesadaran akan perlindungan asuransi di segmen ini, maka ketika peminjam tertimpa musibah, pada umumnya pihak keluarga akan diwarisi beban pinjaman, atau pihak Lembaga Keuangan Mikro yang menanggung beban kerugian finansial. Corporate Marketing and Communications Director, Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo menambahkan, PRUaman menyediakan empat paket asuransi dengan tarif yang sangat terjangkau, dengan tarif terendah sebesar Rp 2,000 per tahun. Tarif ini bersifat tunggal, yang berlaku sama rata tanpa memandang usia dan tenor pinjaman. Tarif premi tunggal ini memberikan keuntungan kepada lembaga mikro saat menentukan rencana yang tepat untuk setiap anggota. Manfaat dari keempat rencana tersebut berkisar dari kemudahan pelunasan pinjaman hingga pelunasan pinjaman yang disertai beragam tambahan manfaat keuangan bagi keluarga.   “Untuk peluncuran awal, dua koperasi Mitra Usaha Mandiri (MUM), yang masing-masing berada di Subang dan Karawang, Provinsi Jawa Barat, akan menjadi mitra distribusi pertama. Kedua Koperasi ini didirikan pada 1998 dan telah membuktikan kredibilitas dan pengalamannya dalam melayani masyarakat berpendapatan rendah dan ekonomi lemah,” jelas dia.

MUM kata dia memiliki enam cabang mandiri di Jawa Barat dan Jawa Tengah, dengan masing-masing cabang memiliki 1.000 sampai 1.500 anggota dengan aset lebih dari Rp 2 miliar. “PRUaman akan menjadi bagian penting dari portofolio produk Prudential Indonesia,” tambah Kuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Selangkah Lagi Kylian Mbappe Sah Milik Real Madrid

MADRID – Selangkah lagi Kylian Mbappe menjadi pemain Real Madrid.

Kominfo Siap Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Saat Lebaran

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian khusus