Perry Warjiyo Ditantang Bikin Direktorat Inflasi

53

JAKARTA-Anggota Komisi XI DPR Sadar Subagyo meminta calon deputi gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, untuk membentuk Direktorat Pengendalian Inflasi di BI. Sebab bila lembaga ini dibentuk, maka BI tidak dapat menghindar dari terjadinya inflasi. “Pak Perry, apakah pengendalian inflasi tugas BI?” tanya Sadar Subagyo saat uji kepatutan dan kelayakan Deputi Gubernur BI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/3).

¬†“Tugas BI, Pak,” jawab Perry pendek.

“Kalau begitu, tolong kalau Anda ¬†terpilih nanti dibentuk¬†direktorat khusus pengendalian inflasi di BI. Fraksi kami meminta direktorat ini tidak lari dari tanggung jawab,” kata anggota Fraksi Gerindra ini.

Sadar meminta BI agar mencontoh departemen lain seperti Kementerian Pertanian. Institusi yang mengurus bidang pertanian dan peternakan ini, kata Sadar, tak pernah rewel dengan persoalan dan keterbatasan.

“Dia tidak pernah mengeluh soal pupuk kendati masalah industri, tidak mempermasalahkan kredit kendati itu urusan perbankan, tidak mempermasalahkan soal tanah kendati itu urusan BPN. Juga tidak mempermasalahkan pengairan kendati itu, urusan Kementerian Pekerjaan Umum,” kata Sadar.

Menurut Sadar, sikap BI tidak seperti Kementerian Pertanian. BI selalu menghindar jika diminta tanggung jawab soal inflasi. Untuk itu, direktorat baru yang ia usulkan akan menjadi dirijen inflasi.

Perry kini masih menjabat Asisten Gubernur BI. Setelah Perry, calon lain yang akan diuji sebagai calon deputi gubernur BI adalah Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter BI, Hendar.