Pertumbuhan Terjaga, Indonesia Masuk 6 Besar Ekonomi Dunia di 2023

Friday 1 Mar 2019, 8 : 15 pm
by
Tenaga Ahli Utama di Kedeputian III Bidang Ekonomi, Kantor Staf Presiden Tri Yanuarti

Optimisme Konsumen

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga seperti mendapat momentum dari keyakinan konsumen yang tinggi. Survei yang dilakukan Nielsen memperlihatkan, indeks keyakinan konsumen Indonesia pada kuartal keempat 2018 menorehkan angka tertinggi ketiga di dunia. Nilainya mencapai 127, hanya kalau dari India (133) dan Filipina (131).

Menurut Tri, tingkat keyakinan konsumen itu tak terlepas dari keberhasilan pemerintah mengelola perekonomian dengan kebijakan yang prudent dan terkoordinasi dengan baik, baik dari sisi moneter, fiskal, maupun sistem keuangan. Hasilnya, Indonesia bisa melalui turbulensi ekonomi global yang cukup keras pada tahun lalu.

“Pertumbuhan ekonomi yang di atas ekspektasi tentu juga memberikan confidence bagi pelaku pasar bahwa ke depan ekonomi kita akan lebih baik,” imbuh Tri.

Ke depan, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia diperkirakan masih tinggi. Hal ini sejalan dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar. Apalagi, masyarakat kelas menengah di Indonesia tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mereka inilah yang menjadi motor penggerak perekonomian. Seiring dengan kesejahteraan yang lebih baik, otomatis daya beli masyarakat pun meningkat.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bidang Kebijakan Moneter, Fiskal dan Publik Raden Pardede menambahkan, Indonesia akan mengalami bonus demografi hingga tahun 2035. Artinya, banyak penduduk yang masih aktif bekerja. Sementara, pada saat yang sama, diperkirakan tanggungan mereka menurun. Efeknya, daya beli mereka pun naik.

“Kita senang sekali kalau kelas menengah makin besar, karena permintaan terhadap barang dan jasa itulah yang paling menggerakkan ekonomi. Kalau kinerja perusahaan baik, gaji juga akan naik. Daya beli pekerja juga akan naik. Ini cycle yang positif bagi perekonomian kita,” kata Raden.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Luhut Dorong Pembangunan Bandara Sukabumi

JAKARTA-Pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur pendukung di wilayah selatan Pulau
DBS

DBS Dinobatkan Sebagai Bank Teraman di Asia

JAKARTA-Bank DBS mengumumkan telah berhasil mempertahankan gelar “Bank Teraman di