PGN Melatih Ibu Rumah Tangga Menjadi Wirausaha Mandiri

Monday 15 Jun 2015, 9 : 10 pm
by

JAKARTA-Sebagai tindak lanjut program PGNtrepreneur yang telah dicanangkan pada tanggal 3 Juni 2015, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali melaksanakan pelatihan memasak kepada ibu-ibu rumah tangga di rumah susun (rusun) Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen PGN untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga menjadi wirausaha mandiri, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga. PGNtrepreneur juga menjadi upaya Perseroan untuk terus mendorong pemanfaatan gas bumi bagi para pengusaha kecil.

Direktur Keuangan PGN, M. Riza Pahlevi Tabrani mengharapkan, PGNtrepreneur dapat melahirkan wirausaha-wirausaha baru khususnya di bisnis kuliner. “PGNtrepreneur merupakan inisiatif PGN untuk berpartisipasi secara aktif dalam menciptakan lebih banyak  pengusaha kecil di Indonesia. Tumbuhnya pengusaha-pengusaha kecil pada akhirnya akan semakin memperkuat perekonomian nasional,” kata Riza Pahlevi di Jakarta, Senin (15/6).

Pelatihan memasak kepada ibu rumah tangga di wilayah Tanah Abang ini dilakukan selama 2 (dua) hari kepada 20 ibu rumah tangga. Mereka mendapatkan pelatihan memasak dari para chef yang ahli dibidangnya. Selain itu para ibu rumah tangga ini juga dibekali dengan pengetahuan mengenai pengelolaan bisnis secara sederhana.

Aktivitas memasak di Tanah Abang ini menggunakan gas bumi yang terbukti aman dan ramah lingkungan. Rusun Tanah Abang merupakan salah satu pelanggan PGN di sektor rumah tangga yang telah memanfaatkan gas bumi sejak 1996. Pelanggan rumah tangga PGN tersebar di berbagai wilayah, antara lain Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur

Program PGNtrepreneur akan diberikan kepada 220 ibu rumah tangga di 11 rusun di wilayah DKI Jakarta dan Banten. Setelah Tanah Abang, kegiatan ini akan dilanjutkan ke Rusun Kemayoran, Rusun Cilincing, Rusun Marunda, Rusun Kebon Kacang, Rusun Cengkareng, Rusun Klender, Rusun Pulo Gadung, Rusun Bidara Cina, Rusun Pulo Gebang serta di Rusun Manis Jaya wilayah Tangerang.

Sebelumnya PGNtrepreneur juga melibatkan pengemudi bajaj gas dari Komunitas Bajaj Gas (KOBAGAS) binaan PGN dengan memberikan mentoring yang dilakukan oleh para ahli otomotif dan mekanika bajaj. Melalui pelatihan ini para peserta diharapan dapat meningkatkan skill dan kemampuannya dalam melakukan perbaikan bajaj gas secara mandiri. Dengan demikian pemilik bajaj dapat menekan biaya perawatan bajaj. Berkurangnya pengeluaran untuk perawatan bajaj tersebut dapat dialokasikan untuk kebutuhan keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPCM Jalin Kerjasama Sinergi dengan PT Pelabuhan Indonesia II

JAKARTA-PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) telah menandatangani perjanjian

Menkes Budi Gunadi Akan Perkuat Sistem Kesehatan untuk Hadapi Virus

JAKARTA-Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku mendapatkan tugas dari