Pilih Lebaran di Padang, Presiden Tegaskan Indonesia Bukan Hanya Jakarta

Wednesday 6 Jul 2016, 8 : 40 pm
by
Presiden Joko Widodo saat sholat Ied di Padang

PADANG-Presiden Joko Widodo memilih Padang, Sumatera Barat sebagai tempat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H.

Ini merupakan kali pertama Presiden Jokowi berlebaran di Padang.

“Saya melihat keramahtamahan masyarakat, melihat antusias dari pemudik yang dari rantau. Semuanya di sini berjalan aman, berjalan dengan baik. Tadi shalat Ied bersama dengan seluruh masyarakat juga berjalan dengan baik. Alhamdulillah,” tutur Presiden.

Kepala Negara menjelaskan Padang sebagai tempat berlebaran pada tahun ini karena Indonesia bukan hanya Jakarta.

“Dari Sabang sampai Merauke dan mungkin nanti sekali di Jakarta, yang lain di daerah-daerah. Baik nanti di Idul Fitri, Idul Adha dan juga di tahun baru, di Natal, semuanya di daerah,” ujar Presiden.

Makna lebaran sendiri bagi Presiden adalah silaturahmi.

“Silaturahmi dengan keluarga, silaturahmi dengan tetangga, silaturahmi dengan masyarakat,” kata Presiden.

Tiba di halaman Masjid Raya Sumatera Barat pukul 07.10 WIB Rabu (6/7) pagi, Presiden Jokowi yang mengenakan sarung dan jas berwarna abu-abu bersama Ibu Negara Iriana Jokowi yang mengenakan busana muslimah berwarna putih langsung menempati tempat yang telah disediakan.

Presiden dan Ibu Negara Iriana berbaur bersama ribuan warga masyarakat yang akan melaksanakan Shalat Ied.

Tepat pukul 07.35 WIB, Presiden dan Ibu Iriana bersama ribuan jamaah lainnya melaksanakan Shalat Ied yang dipimpin oleh Imam Masjid Raya Sumatera Barat H. Indra Hadi,  S.IQ.

Dalam khotbah Idul Fitri, khatib Dr. H. Urwatul Wusqa, Lc, MA mengatakan Silaturrahim adalah kunci terbukanya rahmat dan pertolongan Allah SWT.

“Dengan terhubung dan terpeliharanya silaturrahim. Bagaimana pun besarnya umat Islam secara kuantitatif, sama sekali tidak akan ada artinya bila di dalamnya tidak ada persatuan yang kokoh dan kerjasama untuk menyelesaikan permasalahan umat dan bersama-sama mentaati Allah,” ucap Wusqa.

Setelah khotbah usai, lanjut Bey, Presiden bersama Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersalaman dengan masyarakat dan berjalan menuju Lantai 2 Masjid Raya Sumatera Barat.

Di Lantai 2 ini, Presiden dan Ibu Iriana santap pagi bersama makanan khas lebaran, seperti lontong, gulai ayam, rendang, dan lamang tapai.

Dari Padang, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan pada siang nanti akan bertolak ke Bandara Adi Soemarmo, Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kegaduhan Muncul, Akibat Segelintir Elit Kuasai Kekayaan Nasional

JAKARTA-Sumber kegaduhan bangsa bukan karena banyaknya aksi demo. Namun yang
PT Samudera Indonesia Tbk

Pembayaran Gaji Pensiun Kurang Rp50 Triliun

JAKARTA-Pemerintah mengungkapkan kekurangan dana untuk membayar para pensiun PNS yang