PLN Jamin Pasokan, Cerindo Optimis Selesaikan Pembangunan Smelter

Thursday 26 Jul 2018, 7 : 37 am

JAKARTA-Terobosan PLN dalam menjamin pasokan listrik bagi kebutuhan industri dan bisnis di Sulawesi, terutama untuk kebutuhan pengolahan dan pemurnian mineral (smelter), disambut baik oleh para investor di daerah itu. Bersama PLN, para investor pun menandatangani transaksi listrik dalam acara ‘Welcome to Celebes (Celebrate of Energize Sulawesi’, pada Senin (23/7/2018) di Jakarta.

Pada momentum itu, PLN menandatangani perjanjian transaksi listrik dengan 13 investor yang berinvestasi di Sulawesi, salah satunya, PT Ceria Nugraha Indotama (Cerindo), perusahaan tambang yang kini tengah membangun smelter nikel di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Direktur PT Cerindo Derian Sakmiwata mengungkapkan, dengan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PT Cerindo dan PLN, maka PT Cerindo sudah memulai satu langkah besar dalam mempercepat target pembangunan smelter.  

“Ini merupakan progres dan capaian besar bagi kami dalam membangun smelter. Kami tentu sangat mengapresiasi kerjasama ini. Sesuai komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, kini kami bisa fokus mengejar target pembangunan smelter kami yang kini sedang berjalan,” kata Derian, Rabu (25/7/2018).

Menurut Derian, pembangunan smelter PT Cerindo sendiri berlangsung dalam 3 tahap, yaitu pertama pembangunan 2 Line, tahap kedua 2 line dan tahap ketiga pembangunannya 4 line.

PT Cerindo yang baru beroperasi diakhir tahun 2017, dengan wilayah IUP seluas 6.785 hektar sudah menyerap tenaga kerja sekitar 900 orang yang 70 persen nya merupakan tenaga kerja lokal setempat.

“Dengan adanya jaminan listrik ini, kami berkeyakinan, industri smelter kami akan cepat beroperasi sesuai target yang direncanakan,” tandasnya.

Pihak PLN sendiri berkomitmen penuh nmenjamin pasokan listrik bagi kebutuhan industri dan bisnis di Sulawesi, terutama pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) yang tersebar di Sulawesi bagian tenggara.

“Smelter ini membutuhkan pasokan listrik dalam jumlah besar dan andal. Karena itu, kami mengucapkan selamat kepada pelanggan-pelanggan industri yang melaksanakan penanda tanganan MoU, SPJBTL, dan Energize pada hari ini,” terang Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda, saat acara ‘Welcome to Celebes (Celebrate of Energize Sulawesi’ pada Senin (23/7/2018).

Untuk menunjang hal itu kata Huda, PLN telah menambah daya listrik 739 MW dari pembangkit yang beroperasi melalui program pembangunan pembangkit 35.000 MW untuk pemenuhan listrik. Penambahan ini didukung oleh tambahan 1.460 MVA gardu induk dan 815 kms transmisi yang memperkuat sistem kelistrikan. Pihak PLN menyebut angka ini akan terus bertambah dalam 10 tahun ke depan. Penambahan ini sesuai dengan RUPTL 2018-2027 PLN akan membangun total 4.848. MW, transmisi 8.269 kms, Gardu Induk 7.103 MWA untuk Sulawesi. 
“Dengan progres pembangunan yang baik ini menjadikan Sulawesi memiliki cadangan daya yang sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan investasi di sektor industri termasuk industri smelter,” tambah Huda.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar, Bambang Yusuf  mengatakan, PT Ceria Nugraha Indotama (Cerindo) merupakan pelanggan Premium Platinum PLN terbesar di Indonesia bagian Timur dengan total daya sebesar 350 Juta VA yang disuplay dari tegangan tinggi sebesar 150.000 volt.

Realisasi daya ini akan berlangsung dalam tiga tahapan. Untuk tahap awal yang direalisasikan sebesar 118 juta VA yang akan dimulai pada bulan Januari tahun 2020. Tahap kedua pada bulan Juni 2020 sebesar 100 juta VA, tahap ketiga pada bulan Juni 2021 sebesar 150 juta VA.

Menurut Bambang, pelanggan premium platinum seperti PT Cerindo ini akan menjadi prioritas yang mendapat jaminan kontinuitas pasokan listrik tanpa padam dan akan mendapat kompensasi apabila mengalami pemadaman diluar rencana.

“Ini langkah PT Cerindo menciptakan Indonesia raya. PLN berkomitmen penuh untuk mendukung industri skala nasional yang dibangun oleh PT Ceria demi menunjang pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional,” terang Bambang. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Default dari S&P Terhadap Argentina

JAKARTA – Idul Fitri merupakan perayaan terbesar di Indonesia yang dirayakan

Mafia Kepailitan Berpotensi Hancurkan Ekonomi Nasional

JAKARTA-Kejahatan mafia kepailitan saat ini diindikasikan sudah sangat serius. Bahkan