Potensi Panas Bumi Danau Sanonggoang Segera Dioptimalkan

185

LABUAN BAJO-PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Tbk berkomitmen merealisasikan pembangunan energy terbarukan bersumber dari panas bumi danau vulkanik, Danau Sanonggoang di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Keseriusan pemerintah pusat ini terlihat dari kedatangan PT SMI, Kementerian ESDM, Kementrian Keuangan, Bank Dunia ke Nunang Kecamatan Sanonggoang, Senin (14/5).

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula yang ikut dalam rombongan ini mengatakan kehadiran tim dari pemerintah pusat ini dalam rangka melanjutkan pertemuan dengan masyarakat sekitar danau terbesar di NTT ini, termasuk rencana lanjutan optimalisasi potensi panas bumi di Danau Sanonggoang.

Adapun Danau Sanonggoang sendiri merupakan daerah penyangga menuju tujuan wisata prioritas Labuan Bajo, Mabar.

“Wilayah Sano Nggoang ini menjadi salah satu kawasan yang diidentifikasi memiliki potensi panas bumi. Pengembangan energi panas bumi telah menjadi komitmen Pemerintah untuk memanfaatkan energi baru dan terbarukan yang lebih ramah lingkungan,” ujar Bupati Gusti, Selasa (15/5).

PT SMI adalah BUMN milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mendapat bantuan dana dari Bank Dunia untuk membangun Listrik tenaga Panas Bumi di Danau Sanonggoang dengan sistim pengeboran atau drilling.

Hal ini ada keterkaitannya dengan Flores Geothermal Island mulai dari Ende, Mataloko Ngada, Ulumbu Manggarai dan danau Sanonggoang Manggarai Barat.

Menurut Bupati Gusti, pertemuan hari ini merupakan konsultasi publik yang ketiga. Dari hasil konsultasi ini mengerucut pada konsultasi tentang areal yang menjadi titik pemboran, kedalaman danau dan pencemaran lingkungan.

“Kiranya konsultasi membuahkan kesadaran akan terjaminnya pemboran tanpa berdampak sosial, ekonomi, lingkungan, kesatuan masyarakat budaya. Pemboran belum dimulai, tetapi mugkin akan berlangsung bulan Oktober 2018,” jelas Bupati Gusti.

Sebelumnya, sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk melakukan kegiatan eksplorasi panas bumi di wilayah tersebut, pada tanggal 3 November 2016, PT SMI menyelenggarakan kegiatan konsultasi publik yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di Desa Sano Nggoang, yang berada di tepi Danau Sano Nggoang, tentang rencana kegiatan eksplorasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut koordinasi awal Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat pada bulan Juni 2016.

Perwakilan Direktorat Panas Bumi dan Badan Geologi, Kementerian ESDM memberikan penjelasan mengenai sistem panas bumi dan pemanfaatannya, antara lain sebagai sumber energi pembangkit tenaga listrik, serta menyampaikan data-data hasil survei pendahuluan serta potensi listrik yang bisa dihasilkan. PLTP yang akan dibangun akan dapat memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan sekitarnya, termasuk kawasan wisata Labuan Bajo.