Presiden Buka Musrenbangnas 2014

Wednesday 30 Apr 2014, 1 : 15 pm
by

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun  2014 di Hotel Bidakara, Jakarta. Musyawarah ini diselenggarakan untuk menyusun  Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2015. 2015. Inilah Musrenbangnas terakhir bagi pemerintahan Presiden SBY, dan  hasilnya akan dilaksanakan oleh pemerintahan baru hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014.

Menteri Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana sebelumnya mengatakan dia akan melaporkan rancangan akhir RKP 2015 tersebut kepada Presiden SBY pada sidang kabinet pertengahan Mei mendatang. Presiden selanjutnya akan menindaklanjutinya dan menetapkan sebagai Peraturan Presiden.

Armida mengatakan seluruh hasil kesepakatan Musrenbangnas akan digunakan untuk menyempurnakan rancangan akhir RKP tahun 2015.

Menteri Perencanaan Pembangunan Ketua Bappenas menambahkan, akan melaporkan rancangan akhir RKP 2015 tersebut kepada Presiden SBY pada sidang kabinet pertengahan Mei mendatang. Presiden selanjutnya akan menindaklanjutinya dan menetapkan sebagai Peraturan Presiden.

Presiden kemudian meninjau Pameren Perencanaan Pembangunan 2014 dengan tema “Melanjutkan Reformasi Bagi Percepatan Pembangunan Ekonomi Yang Berkeadilan”.

Dalam kesempatan ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Bappenas  memberikan penghargaan Pangripta Nusantara 2014 kepada Pemprov yang berhasil menyusun dokumen perencanaan pembangunan dengan kualitas terbaik, dan penghargaan MDGs tahun 2014 untuk Pemrov dalam pencapaian Sasaran tujuan pembangunan milenium terbaik.

Presiden kemudian menyerahkan Buku Pencapaian Kinerja Pembangunan Kabinet Indonesia Bersatu I dan II, yang memuat capaian kinerja pelaksanaan pembangunan dalam dua periode masa bhakti Kabinet Indonesia Bersatu.

Buku tersebut diserhkan kepada Gubernur Sulsel selaku Ketua Asiosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia, dan Bupati Kutai Timur Ketua Asiosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia, dan Walikota Manado selaku Ketua Asiosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia.

Presiden selanjutnya memaparkan hasil nyata pemerintah di bidang ekonomi, politik maupun kesra.

Musrenbangnas 2014 dihadiri Wakil Presiden, unsur pimpinan DPR RI, gubernur, bupate, walikota, pimpinan dan anggota KEN, KIN, pimpinan lembaga pemerintahan non kementerian, para perancang pembangunan, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan lembaga internasional mitra pembangunan Indonesia, dan para pimpinan organisasi non pemerintah yang berkontribusi dalam perencanaan pembangunan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Komnas Anak, Depok Sebagai Kota Layak Anak Hanya Slogan Saja

DEPOK-Predikat Kota Depok sebagai Kota Layak Anak ternyata hanya slogan

KOPITU Beri Solusi Kepastian Pasar UKM E-Katalog LKPP

JAKARTA-Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) memberikan solusi