Presiden Jokowi Ajak BUMN Dubai Kerjasama Kelola Asahan

Tuesday 15 Sep 2015, 12 : 11 am
by
Jpeg

DUBAI-Presiden Joko Widodo mengajak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Uni Emirat Arab (UEA), Dubai Alumunium (Dubal ),  untuk bekerjasama menjadi investor pengelolaan tambang alumunium di tanah air. “Kita mempunyai Asahan dan kita punya deposit bauksit, ada pasir silika, ada nikel yang sebetulnya bisa kita kerjakan sebagus ini,” kata Presiden Jokowi saat meninjau Dubai Alumunium, di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (14/9).

Presiden mengaku sudah berbicara dengan Dubai Alumunium. Dalam dua-tiga minggu ini mereka akan segera mengirimkan tim ke Jakarta untuk memutuskan, apakah kerjasama dengan BUMN bisa kita tawarkan, apakah mereka mau sendiri juga tidak apa-apa.

Presiden Jokowi mengatakan sengaja mengambil keputusan cepat, karena tidak ingin terlambat. “Sudah saya sampaikan tadi di mobil, kita langsung putus lebih cepat saja. Jangan terlampau lambat memutuskan,” kata Presiden Jokowi yang dalam kunjungan itu disambut oleh Managing Director Dubai Alumunium, Abdullah Kalban.

Mengenai pemilihan kepada Dubai Alumunium untuk menjadi mitra pengelolaan alumunium di Indonesia, Presiden Jokowi menjelaskan, karena mereka telah memiliki pengalaman selama 30 tahun. Selain itu, BUMN Pemerintah UEA itu juga memberikan jaminan biaya yang lebih rendah sebesar 20 persen, serta jejaring yang baik.

“Saya kira ini kalau sebuah perusahaan itu efisien, akan mudah berkompetisi dengan prrusahaan perusahaan yang lain dengan negara manapun,” tutur Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan berkunjung ke kantor Dubai Alumunium itu, Presiden Jokowi berkesempatan menanam pohon di halaman kantor perusahaan tersebut.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi itu antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan Kepala BKPM Franky Sibarani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fitch Kembali Nobatkan Indonesia Investment Grade

JAKARTA-Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) kembali mengafirmasi peringkat Indonesia pada

Penurunan Covid-19 di ASEAN Momentum Bangkit Bersama

JAKARTA-Penurunan angka kasus Covid-19 di kawasan ASEAN harus bisa dimanfaatkan