Presiden Jokowi Janji, Kawal Proses Pengampunan Pajak

Saturday 2 Jul 2016, 1 : 52 am
by
Presiden Jokowi usai meluncurkan Program Pengampunan Pajak, di Aula Chakti Buddhi Bhakti, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak

JAKARTA-Presiden Joko Widodo berjanji akan terus mengawal proses pengampunan pajak setelah Undang-Undang (UU) Tax Amnesty disahkan. Hal ini dilakukan agar pemilik dana yang membawa masuknya dana (modalnya) benar-benar merasa nyaman. “Saya akan mengikuti dan mengawasi terus dan mengecek langsung sehingga tidak ada keraguan atau masih was-was dari pemilik dana ini. Ini bukan hanya penerimaan tahun ini tetapi penerimaan untuk tahun-tahun mendatang, dan menjadi sebuah database yang lebih besar yang kita punyai. Sehingga penerimaan negara akan betul-betul sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan itu penting sekali untuk pembangunan bangsa dan negara,” tutur Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peluncuran Program Pengampunan Pajak, di Aula Chakti Buddhi Bhakti, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (1/7).

Setelah tax amnesty ini diundangkan, pemerintah dan DPR akan menindaklanjutinya  lagi dengan merevisi total UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), UU Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan UU Pajak Penghasilan (PPh). “Kita ingin negara kita kompetitif dalam hal perpajakan. Kalau negara lain melakukan dan menjadi sebuah daya tarik, kita juga bisa melakukan itu. Jadi tidak hanya berhenti di Undang-Undang Tax Amnesty ada tindaklanjutnya,” kata Presiden.

Presiden menegaskan, tax amnesty bukan semata-mata memberikan pengampunan pajak tapi repatriasi aset, yakni pengembalian modal yang tersimpan di bank luar negeri atau di cabang bank luar negeri ke Indonesia. Dengan demikian, diharapkan mereka nantinya bisa menaruh kembali asetnya di Indonesia seiring dengan perkembangan kerja sama perpajakan internasional di level G20, OECD, dan non OECD.

Guna menangkap peluang akan kembalinya modal ke Indonesia melalui program tax amnesty itu, jelas Presiden, pemerintah sudah berkali-kali bertemu dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menyiapkan instrumen-instrumen investasi. “Apabila uang itu berbondong-bondong masuk ke negara kita. Hal ini juga sudah kita bicarakan dengan aparat, sudah kita bicarakan, baik dengan Kejaksaan Agung, dengan Kapolri, dengan KPK, dengan PPATK, supaya semuanya jelas, supaya semua terang benderang dan glambang. Ini hanya untuk satu, pembangunan bangsa dan negara, tidak ada yang lain,” tegas Presiden.

Kepala Negara menyebutkan, instrumen-instrumen itu di antaranya adalah Surat Berharga Negara (SBN), infrastructur bond, reksadana penyertaan terbatas, kontrak pengelolaan dana. “Semuanya disiapkan, obligasi BUMN juga disiapkan, jadi mau masuk kemanapun. Ini sudah disiapkan instrumennya, tapi juga cepet-cepetan kalau yang masuk masih nunggu-nunggu tahun depan ya tidak dapat,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan investasi langsung sangat besar. Untuk pembangunan infrastruktur saja dalam lima tahun ini membutuhkan dana sebesar Rp4.900 triliun. Sementara yang bisa disiapkan oleh APBN hanya Rp1.500 triliun. “Sisanya dari mana? Ya dari investasi dunia usaha, tidak ada yang lain. Baik yang sekarang sudah dimulai, maupun yang akan dimulai,” tegasnya.

Presiden juga menyampaikan, nantinya juga akan disiapkan sekuritisasi dari investasi yang sudah dikerjakan. Bisa saja nanti akan dilepas. Sehingga peluang-peluang itu, betul-betul ada dan bisa dimanfaatkan dari uang-uang yang masuk kembali ke negara kita.  “Kita butuh sekali dana itu, kita memerlukan sekali dana itu,” ujarnya.

Presiden menguraikan mengenai sejumlah proyek infrastruktur yang menjadi fokus dan prioritas pemerintah, seperti jalan tol di Jawa dan luar Jawa yang dulu banyak berhenti, mandek 8-9 tahun. “Dulu banyak yang meragukan bahwa ini hanya diomongkan, tetapi setelah satu setengah tahun ini, bahwa realisasi itu ada, pelaksanaan itu ada, orang baru yakin bahwa kita serius, kita bukan hanya serius tetapi sangat serius,” ungkap Presiden

Presiden menegaskan, pembangunan yang dilakukan sekarang ini sebuah pondasi. “Mungkin pahit di depan tetapi dirinya meyakini ini akan sangat bermanfaat 4, 5 tahun ke depan apabila semuanya selesai,” tuturnya.

“Kalau masih ada yang tidak percaya, silahkan datang ke lokasi. Akan kelihatan betul kalau di sana alat-alat berat ramai mengerjakan pagi siang malam. Saya perintahkan tidak hanya satu shift, 3 shift, kerja 3 shift, pembagian kerjanya terserah tapi 3 shift, sehingga dikerjakan bisa dikerjakan dan hasilnya bisa cepat kelihatan,” papar Presiden  seraya menunjuk contoh sejumlah jalan tol, kemudian pelabuhan Kuala Tanjung, Makasar Newport, kemudian yang di Priok, dan yang di Sorong masih menunggu.

Presiden  mengaku, memang masih ada pembenahan-pembenahan di prosedur. Namun ia meyakinkan, bahwa prosedur yang bertele-tele akan dipotong satu persatu.
Sebagai contoh, pembangkit listrik yang dulu izinnya ada 59, sudah dipotong menjadi 24. Itupun masih ada keluhan, sehingga pemerintah berencana untuk memotong lagi. “Kalau tidak kita akan bertele-tele terus, mau urus izin sampai bertahun-tahun, bukan berbulan bertahun. Ini apaan enggak bisa kita terus-terusan seperti itu,” terang Presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laba PT Vale Indonesia Merosot 33%

JAKARTA-PT Vale Indonesia Tbk (“PT Vale” atau “Perseroan”, IDX Ticker:

Narji Cagur: Tri Adhianto Kader Terbaik PAN

BEKASI-Kampanye akbar pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bekasi Nomor