Presiden Jokowi: Percepat Implementasi Poros Maritim

Presiden Jokowi: Percepat Implementasi Poros Maritim

0
BERBAGI
Presiden Jokowi bertemu dengan masyarakat di kawasan Danau Toba, di Hotel Inna Parapat, Sumut, Sabtu (20/8)

SUMUT-Presiden Joko Widodo meminta jajaran kementerian untuk mempercepat implementasi Poros Maritim. Meski secara garis besar implementasi Poros Maritim ini sudah berjalan, namun ada beberapa wilayah yang belum melaksanakannya. “Hampir dua tahun kita berbicara masalah poros maritim dan sampai saat ini, saya kira implementasinya ada yang sudah berjalan tapi banyak yang belum,” ujar Presiden ketika memberikan pengantar saat menggelar rapat terbatas di Hotel Inna Parapat, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (20/8).

Menurut Presiden, Indonesia harus dapat memanfaatkan kondisi kemaritiman nasional, mengingat dua pertiga wilayah negara ini adalah laut. “Kita harus manfaatkan posisi strategis Indonesia yang terletak berbatasan di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik,” tutur Presiden.

Lokasi geostrategis ini, lanjut Presiden, harus dimanfaatkan dengan membangun pengembangan pelabuhan yang ada. “Kemudian kita juga harus beri prioritas pada infrastruktur, konektivitas antar pulau, konektivitas maritim dengan membangun tol laut,” ujar Presiden.

Presiden berharap agar dilakukan perhatian terhadap pembangunan yang berkaitan dengan sea port, deep seapor, logistik, industri perkapalan dan pengolahan ikan.  “Saya berharap pengolahan laut di sepanjang pantai terutama yang berbatasan dengan Selat Malaka, Batam, Medan, Sumut, bisa betul-betul kita kembangkan menjadi pelabuhan kelas dunia,” imbuhnya.