Presiden Minta KAGAMA Buat ‘Nation Branding’

Thursday 28 Apr 2016, 3 : 29 pm
by
Ketua KAGAMA Ganjar Pranowo memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta (28/4)

JAKARTA- Presiden Joko Widodo menerima pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas  Gadjah Mada (KAGAMA) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/4) siang.

Dalam pertemuan itu,  Presiden Jokowi  berpesan kepada seluruh pengurus KAGAMA agar melakukan reformasi total dibidang politik.

Tak hanya itu, Presiden mengharapkan pengurus KAGAMA menggeser jargon atau predikat politisi jadi negarawan yang ada selama ini.  “Agar musuh kita itu nanti jelas, bukan antara kelompok kita sendiri tetapi berorientasi pada negara lain yang sudah maju,” ujar Ketua Umum KAGAMA, Ganjar Pranowo kepada wartawan usai bersama pengurus KAGAMA diterima Presiden Jokowi.

Menurutnya,  pertemuan ini membahas kontribusi para alumni perguruan tinggi untuk bangsa dan negara.

Hal lain, Presiden Jokowi juga meminta KAGAMA untuk membuat nation branding.  Ini sangat penting guna menentukan arah bangsa ini kedepan.”Setelah bangsa ini kompak, bangsa ini mau ke mana, mau saingan apa, serta nasional bagaimana, provinsi bagaimana, kota seperti apa branding-nya,” terangnya.

“Kebetulan saya sebagai ketua umum KAGAMA juga sebagai kepala daerah, permintaan dari focusing terhadap potensi yang ada di daerah sehingga ini kita harapkan bisa nantinya menjadi sebuah warisan kekuatan dari ke-Indonesia-an kita,” jelas Ganjar.

Tugas lain yang diberikan Presiden, lanjut Ganjar agar KAGAMA membuat atau ikut memikirkan strategi nasional jangka panjang dalam bidang ekonomi, politik sosial, budaya, dan hukum. “Kira-kira kalau Indonesia ini 10 tahun lagi, 15 tahun lagi kaya apa,” ujarnya.

Karena itu, Ganjar akan mencoba mendorong dan bekerja sama dengan ikatan alumni universitas lain, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk berkumpul dan tindak lanjuti agar program-program kebangsaan ini bisa segera dibereskan. “Yang terakhir, tentu apresiasi kita pada reformasi yang lebih fundamental itu kita coba membantu untuk ikut me-watch sekaligus mencarikan way out dari beberapa persoalan yang ada, khususnya dalam deregulasi yang sudah sampai paket ke-11,” terang Ganjar.

Ia mengatakan bahwa akan meminta anggota KAGAMA di seluruh dunia untuk berperan mengawal bagaimana paket deregulasi bisa berjalan dan orientasi pada rakyatnya bisa berjalan. Termasuk, antara lain infrastruktur yang tidak hanya Jawasentris, tetapi membantu seoptimal mungkin agar kemudian infrastruktur  berkembang, sehingga gap antar daerah tidak terlalu tinggi, termasuk menyediakan SDM, KIS, KIP, dan pendidikan vokasi.

“KAGAMA juga akan membuat sekolah perguruan tinggi vokasi yang kita harapkan nanti bisa mengisi ruang-ruang kosong ini untuk bisa kita dorong,” jelas Ganjar.

Dalam kesempatan itu juga, KAGAMA menyerahkan buku kerja sama antara KAGAMA dengan Kompas yang berjudul Teras Kita. Ia mengatakan, berangkat dari inspirasi ini, Presiden Jokowi meminta perguruan tinggi untuk memikirkan pelaksanaan tahap per tahap persoalan  bangsa agar itu measurable, sehingga bisa sampai pada tujuan sesuai dengan pembukaan Undang-undang Dasar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Diberi Kejutan Ultah, Cak Imin Justru Doakan Puan Jadi Presiden

JAKARTA-Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan

Pemerintah Akan Beri Santunan Petugas Pemilu Yang Meninggal

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyambut positif keinginan Ketua