Presidium FPPS Desak DPR Bahas Pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa

50

JAKARTA-Kordinator Presidium Forum Pemekaran Pulau Sumbawa (FPPS) , Azwar mendesak DPR RI agar segera membahas kembali rencana pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa yang tertunda pembahasan sejak kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurutnya Pulau Sumbawa sudah masuk sebagai daerah yang sudah layak dimekarkan. Bahkan data di Kementerian Dalam Negeri, Sumbawa secara administrasi dan persyaratan lainnya telah memenuhi syarat menjadi daerah otonomi baru.

“Tapi karena kemarin tidak sempat di bahas komisi II waktu era SBY sehingga pemekaran tertunda. Maka dari itu kami mendesak agar Komisi II segera membahas kembali rencana pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa, “ujarnya saat dikonfirmasi. Sabtu (19/10/2019).

Selain itu mantan ketua HMI Cabang Yogyakarta ini juga meminta agar pemerintah Jokowi Widodo-Ma’aruf yang akan dilantik besok Minggu (20/10/2019) agar segera mencabut morotorium pemekaran daerah otonomi baru.

“Morotorium tersebut sangat menghambat pemekaran beberapa daerah yang punya potensi termasuk pulau Sumbawa. Untuk itu kami minta pak Jokowi segera mencabut Morotorium tersebut, “ujarnya.

Dijelaskan Azwar terdapat alasan yang cukup kuat kenapa pulau Sumbawa harus mekar menjadi provinsi tersendiri dan tidak lagi masuk menjadi provinsi NTB. Salah satunya Yaitu IPM NTB yang sangat rendah berada di posisi ke 29.

“Itu sangat rendah sekali dan bahkan dalam kajian kami jika pulau Sumbawa menjadi provinsi tersendiri IPM nya akan naik. Selain itu kemanfaatan sumber daya alam yang tidak merata dan letak geografis antara Lombok dan Sumbawa dipisahkan oleh laut sehingga membuat pelayanan publik agar terhambat,” ujarnya.

Azwar juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan audiensi dengan komisi II untuk membahas kelanjutan pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa.

“Kami akan segera melakukan audiensi dengan komisi II, ini sangat penting buat kami. Selain itu kami juga akan mengkorfirmasi ke Baleg DPR RI agar menjadikan pemekaran Pulau Sumbawa menjadi prioritas pembahasan,” tambahnya.

Azwar juga mengajak agar seluruh masyarakat serta pemerintah daerah yang ada di Pulau Sumbawa agar terus berjuang sampai pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa.

“Saya mengajak Bupati, DPRD dan masyarakat Pulau Sumbawa agar tetap kawal agenda Pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa. Saatnya kita menjadi tuan di daerah kita sendiri, “tuturnya.