Prioritaskan EBT, Energi Harus Sokong Pertumbuhan Industri Daerah

Friday 15 Nov 2019, 6 : 31 pm
by
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif

BANDUNG-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan, ketersediaan energi dalam jumlah yang memadai dan harga yang bersaing sudah selayaknya mampu mendukung pertumbuhan industri daerah. Pasalnya, energi merupakan salah satu komponen vital dalam proses produksi sebuah industri.

“Kita harus mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor energi. Caranya bagaimana energi ini bisa menumbuhkembangkan baik industri besar maupun kecil di daerah-daerah,” tegas Arifin di hadapan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) antara Pemerintah Pusat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia dilaksanakan di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Sebagai modal pembangunan, sambung Arifin, pembangunan sektor energi harus bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat terutama penyerapan tenaga kerja.

“Keberadaan energi ini setidaknya bisa dirasakan manfaatnya oleh orang banyak dan akan menyerap banyak tenaga kerja di seluruh daerah yang memang dilewati oleh kagiatan pembangunan tersebut,” ungkapnya.

Pentingnya sektor energi terlihat dari makin meningkatnya kebutuhan listrik setiap tahun. Hal ini menjadi sorotan utama Menteri ESDM.

“Menurut perkiraan kami tiap tahun (tambahan) kebutuhan listrik akan mencapai 5 ribu Mega Watt (MW),” jelas Arifin.

Sebagai gambaran, serapan listrik untuk sektor industri hingga kuartal III tahun 2019 berdasarkan data Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencapai 56,9 Tera Watt Hour (TWh). Industri menjadi segmen kedua yang paling banyak menyerap listrik PLN setelah rumah tangga.

Untuk memenuhi kebutuhan peningkatan listrik tersebut, Menteri Arifin akan gencar mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan.

“(Kebutuhan listrik) akan kita prioritaskan dengan memanfaatkan sumber-sumber EBT,” paparnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tekan Beban, SMCB Manfaatkan Bahan Bakar Pengganti Batubara

JAKARTA-Anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), yakni PT

Bupati Musthofa: Idealnya DBHCHT 50% ke Daerah Penghasil Tembakau

JAKARTA-Draf Rancangan Undang-undang (RUU) Pertembakauan telah selesai di tingkat badan