Proyek Sanimas Senilai Rp400 Juta di Kabupaten Tangerang

Friday 7 Mar 2014, 10 : 37 pm

TANGERANG-Tiga kecamatan di Kabupaten Tangerang mendapat bantuan program sanitasi masyarakat (Sanimas). Program unggulan Pemkab ini sudah dicanangkn Desember 2013 untuk membangun pola hidup sehat dan menjaga lingkungan.

“Saat itu Pemkab mengusulkan pembangunan di tiga wilayah yakni, Kecamatan Mauk, Balaraja dan Cisoka, untuk keseluruhan biayanya Rp.400 juta,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kepada hariantangerang.com usai meresmikan Sanitasi Masyarakat (Sanimas) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggrek, Jumat, (7/3/2014)

Peresmian tersebut, digelar di Kampung Pekong RT 05 Rw 01, Desa Saga, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Dalam kesempatan ini, Zaki berharap dengan diresmikannya Sanimas tersebut, mampu merubah pola hidup warga pedesaan agar tidak buang air besar (BAB) sembarangan.
Dengan begitu, kata Zaki lagi, masyarakat menjadi paham dengan pentingnya sanitasi untuk kesehatan lingkungan. “Saya harap warga Kabupaten sudah mulai menjaga kesehatan lingkungan sehingga tidak ada lagi warga yang membuang air besar sembarangan,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Panitia Peresmian Sanimas KSM Anggrek, Hamdani mengungkapkan pembangunan Sanimas tersebut terdiri dari bangunan delapan ruang toilet, yang terbagi dua yakni untuk pria dan wanita. “Semuanya lengkap dengan fasilitas tempat wudhu dan westafel untuk mencuci tangan,”jelasnya.

Hamdani menuturkan, pembangunan Sanimas difungsikan untuk menerapkan biogas hasil kotoran manusia, yang akan diolah menjadi gas. “Sanimas ini juga dijadikan sebagai ajang edukasi bagi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan,”tegasnya.

Syaifulloh (45) warga Balaraja memberikan aspirasi dengan kepedulian Bupati Tangerang yang memberikan fasilitas kesehatan seperti Sanimas. Ini sangat bermanfaat bagi kami agar bisa mendapatkan hidup bersih dan sehat,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Indocement tetap optimistis terhadap konsumsi semen domestik pada 2021, dengan perkiraan pertumbuhan 5 persen

Perkuat Bisnis Utama, Indocement Akuisisi Semen Grobogan Senilai Rp1,49 Triliun

JAKARTA-Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dan PT Dian Abadi Perkasa

Kontrak Pembangunan 4 Flyover Ditandatangani Desember 2016

JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengaku