PTPN X Genjot Tembakau, Targetkan Rp296 Miliar

Friday 26 Jul 2013, 5 : 38 pm
poskotanews.com

SURABAYA-PT Perkebunan Nusantara X (Persero) atau PTPN X terus menggenjot produksi tembakau dengan menargetkan pendapatan Rp296 Miliar pada 2013. “Kami terus meningkatkan kualitas budidaya tembakau sembari terus mencari ceruk pasar baru di luar negeri,” kata Sekretaris Perusahaan PTPN X, M. Cholidi di Surabaya, Jumat,(26/7).

Menurut Cholidi, Tembakau hasil produksi PTPN X ini sedianya akan digunakan sebagai bahan baku pembuat Cerutu. Pasalnya, industri cerutu ini tidak akan tergerus oleh kampanye bahaya anti rokok. “Mereka penikmat cerutu lebih pada gaya hidup. Sehingga bisnis ini akan terus tumbuh,” tambahnya Salah satu jenis tembakau yang dikembangkan oleh PTPN X adalah tembakau Besuki Na-Oogst (BESNO). Tembakau Cerutu Besuki ini dapat dugunakan sebagai bahan wrepper (Pembungkus), Binder (bahan pengikat) dan Filler (Pengisi) untuk cerutu. Tembakau jenis ini memiliki keunggulan cita rasa yang ringan dan eksotic Mild secara aromatis, tekstur lembut, tipis menebal serta struktur daunnya yang elastis serta memiliki kapasitas terbakar yang bagus. “Indonesia merupakan salah satu eksportir cerutu terkemuka di dunia,” ucapnya.

Bahkan, Indonesia mengisi 34 % market share tembakau cerutu udnia dengan kualitas dekblad (pembalut cerutu) dan Omlad (Pembungkus Cerutu). Dari 34 % itu, 25 % di antaranya adalah tembakau cerutu jenis Besuki Na Oogst dari Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang antara lain juga diproduksi PTPN X. Hingga triwulan II-2013, realisasi ekspor tembakau PTPN X sebesar 634,30 ton. Angka ini 144,4 % di atas target rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) triwulan II-2013 yang dipatok sebesar 439,24 ton.

Dari penjualan itu, perseroan memperoleh pendapatan Rp97,29 miliar, melampaui target RKAP sebesar Rp70,65 miliar. Hingga akhir tahun, perseroan menargetkan ekspor sebesar 1.685 ton dengan nilai pendapatan Rp296,464 miliar. Total produksi kering rompos hingga akhir tahun ini diharapkan mencapai 2.530 ton. “Kinerja bisnis tembakau kami tahun ini cukup bagus, karena banyak melampaui target-target dalam RKAP,” terangnya.

Sementara untuk tanam realisasi areal tanam komoditas tembakau di kebun-kebun milik PTPN X mencapai 1.296,12 hektar, atau meningkat sekitar 17,39 % dibanding triwulan II-2012 sebesar 1.104,22 hektar. Perseroan pada tahun ini mengejar target areal tanam sebesar 1.325 hektare yang tersebar di Jember, Klaten, dan Bojonegoro. **can

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Komite IV DPD Ajak Pemda Genjot PNBP

BATAM-Komite IV DPD RI berkomitmen untuk saling bersinergi dengan Pemerintah

Mas Tri Dapat Penghargaan Birokrat Toleran

BEKASI-Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA INDONESIA) memberikan apresiasi dan penghargaan