Puan Maharani Tak Masuk 6 Besar Menteri Berkinerja Baik

Thursday 8 Oct 2015, 5 : 17 pm

JAKARTA-Hasil penelitian Indo Barometer terhadap kinerja para menteri menunjukkan sejumlah menteri berkinerja baik. Dari hasil survey, terdapat  6 menteri yang perfomannya mendapat ranking cukup memuaskan. Namun dari 6 menteri berkinerja baik, nama Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani tidak masuk nominasi alias ‘terlempar’ dari posisi 6 besar. “Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masih menempati posisi tertinggi tingkat kepuasan publik dengan raihan 71%,” kata Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Hasil survey itu, kata Qodari, posisi kedua dimiliki oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan (54,2) dan disusul secara berurutan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (47.8). Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (44.4), Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek sebesar (37.8) dan Menko Maritim dan Sumberdaya Rizal Ramli (37.3). “Meskipun baru masuk dalam kabinet, tapi sudah populer, karena sering mengeluarkan jurus Rajawali ngepret. Tapi ada juga menteri yang tidak populer, karena kena kepret,” paparnya.

Padahal survey Indobarometer sekitar15 sampai 25 Maret 2015 lalu menempatkan Puan Maharani pada ranking kedua, setelah Susi Pujiastuti. Namun dalam survey saat ini Puan hanya mendapat nilai 29,4%. “Tingkat kepuasan publik terendah ada pada menteri Darmin Nasution (15) dan dan Thomas Lembong (15.9), “ ungkapnya.

Yang jelas, lanjut Qodari, secara umum tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo saat ini sebesar 46.0 persen. Sedangkan yang tidak puas 51,1 persen. Jika dibandingkan survei 6 bulan sebelumnya, tingkat kepuasan publik terhadap kerja Presiden Joko Widodo turun dari 57.5 ke 46.0 persen atau sekitar 11.5 persen.

Sementara tingkat kepuasan publik terhadap kerja wakil Presiden Jusuf Kalla secara umum saat ini sebesar 42.1 persen dan yang tidak puas 52.9 persen. “Jika dibandingkan survei 6 bulan sebelumnya, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja wapres JK juga mengalami penurunan dari 53.3 ke 42.1 persen atau turun sebesar 11.2 persen, “ paparnya.

Selain Jokowi-JK, ketidakpuasan masyarakat juga ditujukan kepada para menteri kabinet kerja periode 2014-2019 ini. Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para Menteri secara umum sebesar 37.1 persen dan yang tidak puas 46.7 persen. “Jika dibandingkan survei 6 bulan sebelumnya, tingkat kepuasan publik terhadap kerja para Menteri semakin turun dari 46,8 ke 37.1 persen atau mengalami penurunan sebesar 9.7 persen, “ imbuhnya. **aec

Don't Miss

Nilai Kapitalisasi Saham Syariah Sebesar Rp 3.011 Triliun

JAKARTA-Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida

DANA Tetap Jadi Pilihan Masyarakat Untuk Kirim Uang

JAKARTA-Dompet digital DANA menegaskan keunggulannya sebagai solusi bagi kebutuhan masyarakat,