Qurban Masuk Desa, BMH Upayakan Pemerataan Gizi di Indonesia

Thursday 2 Aug 2018, 6 : 05 pm
by

DEPOK – Ketua Umum Laznas BMH Pusat, Marwan Mujahidin mengungkapkan Baitul Mall Hidayatullah (BMH) merupakan lembaga zakat nasional dan kemanusiaan yang memiliki fokus program pemberdayaan masyarakat pedalaman.

Untk itulah setiap hari besar besar seperti Idul Adha, BMH senantiasa mengajak masyarakat untuk turut serta peduli, memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat pedalaman.

“Program ini merupakan manivestasi dari spirit sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Seperti kita ketahui sebagian dari warga Indonesia hidup di dalam keterbatasan di pedalaman, perbatasan dan kepulauan. BMH menghadirkan diri dengan program tersebut agar pemerataan kebahagiaan dan pembangunan dapat dirasakan oleh semua,” ujarnya.

Dijelaskan Marwan kemiskinan, kekurangan gizi dan bahkan bencana secara umum memang selalu mengintai masyarakat pedalaman.

“Dengan apa kita bisa peduli kepada mereka, melalui qurban ternyata bisa dan mudah. Apalagi hewan qurban nantinya bekerjasama dengan peternak setempat, sehingga Qurban Masuk Desa memiliki multiplier effect yang nyata. Tak sekedar sisi ibadah dan sosial, ekonomi dan edukasi pun dapat sekaligus dilangsungkan pada momentum Idul Adha,” katanya.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran kaum urban secara spiritual, Qurban Masuk Desa setiap tahunnya terus mendapatkan kepercayaan tinggi dari publik.

“Pada 2016 BMH mendapatkan kepercayaan publik sebanyak 6.908 ekor. Kemudian pada 2017 meningkat menjadi 8.616 ekor. Artinya ada peningkatan kepercayaan masyarakat sebesar 10%. Pada 2018 ini ditargetkan BMH dapat mendistribusikan hewan qurban sebanyak 10.339 ekor dengan total penerima manfaat sebanyak 155.085 jiwa,” urai Marwan.

Tentu saja angka tersebut masih jauh dari memadai jika memandang luasnya daratan dan jumlah umat Islam di Indoneia. Tetapi, melalui Qurban Masuk Desa setidaknya kita telah ikut serta membantu pemerintah melakukan pemerataan gizi, pemberdayaan masyarakat pedalaman dan pembangunan secara berkesinambungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Disdukcapil Tangsel Tetap Buka Layanan Selama PSBB

TANGERANG-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel),

Taiwan Didorong untuk Investasi di Industri Elektronika

JAKARTA-Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin terus berupaya menarik investorluar negeri