Rakernas Pemuda Katolik Diisi Pidato Kebangsaan KH Ma’aruf Amin

Friday 21 Jun 2019, 3 : 14 pm
by
Rakernas
Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Periode 2015-2018, dr. Karolin Margret Natasa

JAKARTA Pemuda Katolik menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) guna menyusun program kerja nasional untuk 3 tahun ke depan, serta menetapkan Peraturan dan Tata Kerja Organisasi yang disesuaikan dengan dinamika organisasi. Rakernas yang dilakasana di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat mulai 21-23 Juni 2019 ini juga diisi Pidato Kebangsaan dari KH Ma’aruf Amin.

“Pemuda Katolik terus melakukan kadersisasi melalui kegiatan-kegiatan yang selalu diselenggarakan secara rutin baik di tingkat Cabang, Daerah maupun Nasional. Salah satunya adalah kegiatan Rakernas,” ujar Ketua Steering Committee (SC) Rakernas Edward Irawan di Jakarta, Jumat (21/6).

Dia menjelaskan Pemuda Katolik merupakan salah satu organisasi kepemudaan dan kemasyarkatan yang berasaskan pada nilai-nilai katolik dan pancasila dengan semboyang perjuangan yakni Pro Ecclesia Et Patria (untuk Gereja dan Tanah Air).

Organisasi ini berdiri pada 15 November 1945 dengan nama AMKRI dan kemudian berubah menjadi Pemuda Katolik pada Kongres I di Solo 1961.

Sebagai suatu organsasi, Pemuda Katolik harus terus bertumbuh seiring perkembangan zaman dan tetap memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam perubahan untuk membangun martabat manusia dan mewujudkan keadilan sosial.

Dia menjelaskan acara Rakernas ini akan dihadiri oleh beberapa menteri yang menjadi narsumber dalam seminar nasional, beberapa pejabat negara, peserta Pengurus Komda dari 32 Provinsi dan Pengurus Komisariat cabang (Komcab) dari 187 Kabupaten/Kota, serta Dewan Penasehat, Pastor Moderator dan sejumlah Peninjau.

Rakernas ini diselenggarakan untuk menyusun program kerja nasional untuk 3 tahun ke depan, serta menetapkan Peraturan dan Tata Kerja Organisasi yang disesuaikan dengan dinamika organisasi. Hal ini sejalan dengan tema Kongres Nasional Pemuda Katolik yang telah dilaksanakan di Kupang, NTT pada tanggal 7-9 Desember 2018 yang lalu, Tema Rakernas Pemuda Katolik 2019 adalah: Kaderisasi yang Berkelanjutan untuk Mewujudkan Pemuda yang Terampil, Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0.

Sesuai dengan tema Rakernas 2019, organisasi Pemuda Katolik diharapkan menjadi sarana untuk menggali dan mengembangkan potensi setiap kader agar dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Program-program kerja pengurus, baik tingkat pusat maupun daerah, harus diarahkan kepada peningkatan kapasitas dan pembentukan karakter anggota Pemuda Katolik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KOMDA DKI Jakarta Bondan Wicaksono menambahkan Rakernas ini merupakan moment penting bagi Pemuda Katolik khusunya Pemuda Katolik DKI Jakarta untuk terus mendorong setiap anggotanya dalam meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena teknologi informasi saat ini telah berperan penting dalam proses interaksi dan perubahan sosial.

Untuk itu, Pemuda Katolik mendorong kader-kadernya untuk memiliki kemandirian dan daya tahan dalam hal ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tetap Produktif Meski di Rumah Saat Pandemi COVID-19

JAKARTA-Penggiat media sosial Taqy Malik berbagi pengalaman saat harus di

Menyoal Revisi UU Bank Indonesia

Oleh: MH Said Abdullah Beberapa hari ini kita diramaikan oleh