Resi Gudang Dorong Penyediaan Stok Komoditas

Tuesday 10 Sep 2013, 8 : 13 pm
humaskuningan.blogspot.com

SURABAYA-Pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG)  membawa dampak positif bagi perekonomian daerah maupun nasional, terutama dalam penyediaan stok atau penyimpanan komoditas sepanjang tahun.

“Adanya persyaratan mutu komoditas dalam penyimpanan komoditas di gudang, juga meningkatkan daya saing komoditas yang dihasilkan oleh para petani, sehingga komoditas tersebut menjadi kompetitif baik di dalam perdagangan domestik maupun internasional,” kata Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sutriono Edi usai membuka acara sosialisasi Sistem Resi Gudang (SRG) yang dihadiri oleh para anggota Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI) seluruh Indonesia ini, di Surabaya, Selasa,(10/9)

Menurut Sutriono, dengan memiliki resi gudang, para pelaku usaha, khususnya petani, kelompok tani, koperasi, serta usaha kecil dan menengah (UKM) dapat memperoleh kredit di bank tanpa memberikan jaminan atau fixed asset lainnya, seperti tanah, rumah dan kendaraan bermotor. “Jaminan pengajuan kredit di bank adalah resi gudang itu sendiri yang merupakan bukti kepemilikan barang yang disimpan di gudang. Kredit tersebut dapat dijadikan modal bagi petani untuk membiayai produksi masa tanam berikutnya, termasuk beli pupuk, bibit dan biaya kehidupan sehari-hari. Selain itu, para pelaku usaha juga dapat meningkatkan permodalan usahanya,” jelasnya.

Implementasi SRG di daerah dapat terwujud dengan adanya kerja sama yang sinergis antara Bappebti, pemerintah daerah serta dinas-dinas setempat, pengelola gudang, lembaga penilaian kesesuaian, pusat registrasi, asuransi, lembaga keuangan baik bank maupun non bank, para pelaku usaha baik itu petani/kelompok tani, gabungan kelompok tani (gapoktan), koperasi, pedagang, serta prosesor/pabrikan dan eksportir.

Pada kesempatan ini, Kepala Bappebti menyampaikan harapannya agar PERPADI ke depan dapat menjadi mitra dalam pemberdayaan dan pengembangan implementasi SRG di Indonesia. “Anggota PERPADI agar dapat menjadi Pengelola Gudang dan sekaligus sebagai standby buyer bagi komoditas milik petani yang disimpan digudang SRG,” lanjutnya.

Pada acara sosialisasi hari ini, turut hadir Ketua Umum PERPADI, Pimpinan PT. Pertani, Pimpinan Bank BRI, Pimpinan Bank Jatim, para pejabat Eselon II di lingkungan Kemendag, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Pasar Provinsi Jawa Timur, perwakilan dari Dnas Pertanian, Dinas Perkebunan, serta perwakilan dari instansi terkait lainnya. **can

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

World Rabies Day, Pemkot Bekasi Berikan Vaksin Gratis Hewan Peliharaan

BEKASI-Memperingati Hari Rabies Sedunia 2021, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas

Pasokan Listrik Aman, Warga Sulawesi Dapat Berlebaran Dengan Nyaman

MAKASSAR-Masyarakat di Sulawesi dipastikan dapat merayakan Lebaran atau Hari Raya