Revitalisasi Pasar Tradisional, Tingkatkan Omzet Pedagang

Tuesday 2 Jul 2013, 2 : 36 pm
by

KEBUMEN-Pemerintah terus berupaya merevitalisasi sejumlah pasar tradisional agar pasar  tradisional menjadi bersih, nyaman, tertib dan sejuk sehingga mampu memperlancar arus distribusi barang, menjaga stabilitas harga,serta mengurangi disparitas antar daerah dan antar waktu.  Demikian disampaikan Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan, saat  bersama Bupati Kebumen,Buyar Winarso, meresmikan Pasar Percontohan Prembun dan 3 pasar tradisional nonpercontohan yang telah direvitalisasi di Kabupaten Kebumenhari ini (Selasa, 2/7).

Selain meresmikan Pasar, Menteri Perdagangan juga meresmikan Gudang Sistem Resi Gudang (SRG).Pasar non percontohan yang diresmikan ada tiga yaitu Pasar Jatisari, Pasar Karanganyar dan Pasar Tumenggungan. Peresmian pasar dan Gudang SRG tersebut dipusatkan di Pasar Tumenggungan yang lokasinya berada dipusat pemerintahan Kabupaten Kebumen. “Hasil evaluasi terhadap kinerja 10 pasar percontohan yang dibangun tahun 2011 menunjukkan para pedagang di pasar-pasar tersebut  secara bertahap telah meningkat omzet transaksinya sebesar 33% hingga 85% dibandingkan sebelum pasar direvitalisasi,”ungkap Mendag.

“Setelah direvitalisasi, pasar-pasa rini diharapkan dapat menjadi  barometer stabilitas harga, ketersediaan bahan pokok dan dapatberperan secara strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kebumen, yang pada akhirnya berkiprah dalam kemajuan perekonomian nasional,”lanjutnya.

Mendag menjelaskan, selain pasar sebagai pusat transaksi yang berperan penting bagi kemajuan ekonomi masyarakat dan pedagang kecil, gudang juga memainkan peran penting dalam menjaga kecukupan stok, menstabilkan harga dan meningkatkan pendapatan petani. Sistem Resi Gudang merupakan salah satu instrumen penting dan efektif dalam sistem pembiayaan perdagangan.

SRG dapat memfasilitasi  pemberian pembiayaan kepada pelaku usaha dengan agunan inventori (komoditasyang disimpan di gudang) yang dimiliki pelaku usaha terutama kolompok tani dan UKM.

Setelah itu, Pengelola Gudang menerbitkan Resi Gudang yang dapat dijadikan agunan sepenuhnya tanpa ipersyaratkan adanya agunan lainnya, sehingga pelaku usaha dapat menjaminkan Resi Gudang untuk memperoleh modal kerja dan kebutuhan pembiayaan.

Menurut Mendag, hingga 25 Juni 2013, jumlah Resi Gudang yang telah  diterbitkan sebanyak 922 resi dengan total volume komoditassebanyak 36.738,02 ton (31.705,66 ton gabah, 3.737,20 ton beras, 1.084,78 ton jagung, 20,39 ton kopi dan 190 ton rumput laut) atau senilai Rp. 177.219 miliar.“Khusus di wilayah Jawa Tengah,hingga akhir Juni 2013,pelaksanaan SRG telah dilaksanakan di Kabupaten Jepara, Demak, Kudus, Banjarnegara, Pekalongan, Grobogan, Wonogiri, Sragen, Pemalang dan Kebumen. Resi Gudang yang telah diterbitkan sebanyak 25 resi dengan total volume 1.141,97 ton,”jelas Mendag.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG

IHSG Berpotensi Main di Zona Merah, Cermati MYOR, GMFI, SILO dan ELSA

JAKARTA-Pada perdagangan di awal pekan ini, pergerakan Indeks Harga Saham

Geliat UKM Di Thamrin City, Bisnis Kerajinan Tenun Ikat Makin Kinclong

JAKARTA-Pusat Belanja Thamrin City Jakarta terus mendukung kehadiran UKM kerajinan