RI-Uni Eropa Tingkatkan Ekspor dan Kerjasama Industri

Monday 28 May 2018, 1 : 26 am
by
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 25 Mei 2018.

Di samping itu, Menteri Airlangga aktif memacu peningkatan kerja sama antara pelaku industri nasional dengan pelaku industri di negera-negara Uni Eropa. Kemitraan ini diharapkan dapat menarik investasi dan transfer teknologi.

“Beberapa perusahaan Eropa yang sudah ada di Indonesia, kami pun ajak untuk terus ekspansi,” terangnya.

Perluasan kerja sama tersebut, misalnya di sektor industri alat transportasi udara, antara PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dengan Airbus. Airlangga menuturkan, PT DI telah cukup lama memasok beberapa komponen pesawat untuk mendukung produksi Airbus seperti pesawat militer Airbus EADS CASA C-295 dan helikopter Airbus (Eurocopter). “Kami harap nanti pasar Eurocopter bisa diperluas lagi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Vincent, selama ini PT DI sudah terlibat dalam rantai pasok proses produksi pesawat terbang dan helikopter Airbus. “Beberapa spare part Airbus dibuat di Bandung (PT DI) dan kemudian dikirim ke seluruh penjuru dunia melalui produk pesawat Airbus. Ini contoh kerja sama yang baik dan perlu ditingkatkan,” ucapnya.

Vincent juga menyampaikan, delegasi Uni Eropa dengan terdiri dari sebanyak 50 perusahaan akan berkunjung ke Indonesia pada Oktober mendatang untuk menawarkan konsep kerja sama yang disebut circular economy, selain upaya menjajaki peningkatan kerja sama di sektor industri.

“Circular economy ini merupakan konsep baru yang tengah digalakkan di Eropa dengan tujuan mengurangi sampah dan meningkatkan daur ulang sampah,” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi Janji Bangun Rusun 3 Lantai di Ponpes Darussalam Ciamis

CIAMIS-Presiden Joko Widodo berjanji akan secepatnya memenuhi permintaan pengasuh Pondok

Faisal Basri: Ganjar-Mahfud Menang, Dunia Usaha Lebih Pasti

Faisal menjelaskan, jika paslon 01 menang, memang ada kampiun hukum