RPX Berpartisipasi Dalam Hari Belanja Online Ramadhan

RPX Berpartisipasi Dalam Hari Belanja Online Ramadhan

36
0
BERBAGI

JAKARTA-Perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (One Stop Logistics), RPX,  menyatakan berpartisipasi dan mendukung Hari Belanja Online Ramadhan (Harboldan) yang berlangsung selama Ramadhan. RPX menyambut baik inisiasi Harboldan di tahun pertamanya.

Vice President Logistics & Sales Retail RPX Group Rubianto Mukti Wibowo, menjelaskan Harboldan menjadi bentuk keseriusan berbagai pihak terkait, seperti pelaku e-commerce dan perusahaan jasa pengiriman untuk menyediakan layanan kepada pelanggan dalam memenuhi kebutuhan berbelanja online.

Harboldan menawarkan variasi produk dan diskon menarik. Hal ini, akan menjadi bingkisan spesial bagi pelanggan untuk digunakan pribadi atau dikirimkan kepada kerabatnya.“Harboldan diharapkan menjadi pelengkap Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang diselenggarakan pada November (11-11) dan Desember (12-12) setiap tahunnya. Optimistis, keduanya mampu membangun ekosistem e-commerce lebih kompetitif. Wujud nyata pekan belanja online tersebut sesuai pertumbuhan bisnis e-commerce yang diyakini kian pesat, sejalan meningkatnya marketplace korporasi (e-commerce besar) dan industri kreatif (Usaha Kecil Mikro Menengah) dalam memperkuat  perekonomian digital,” tambah ujar Rubianto di Jakarta, Jumat (3/6).

Pertumbuhan bisnis e-commerce tentunya berpengaruh positif bagi industri ekspres dan logistik terhadap peningkatan permintaan pengantaran paket.

Menjawab hal tersebut, RPX berkomitmen menyediakan solusi layanan pengiriman business to business to customer (B2B2C) segmen marketplace korporasi dan business to customer to customer (B2C2C) untuk penjual individu/UMKM yang memanfaatkan sosial media sebagai toko (social media shop) .

Salah satu solusi pengiriman paket dalam Harboldan tahun ini, RPX menawarkan “I-Drop” dan “RPX Mobile Apps”, sebagai layanan berbasis digital yang melengkapi produk pengantaran RPX selama ini, seperti “I-Paket” yaitu pengiriman paket melalui Indomaret yang diluncurkan pada 2014.

‘I-Drop” dengan batasan maksimal berat 5 kg serta “I-Paket” 1 kg dan 2 kg, lebih memudahkan pelanggan dan pelaku e-commerce dalam mengirim paket melalui jaringan outlet Indomaret.

Layanan ini menjadi solusi bagi retail atau individu sekaligus memberikan nilai tambah bertransaksi pengiriman yang cepat, aman dan mudah. Dalam mendekatkan pelanggan dan menjangkau area potensial lebih luas lagi, RPX bekerja sama sekitar 10.000 Indomaret Jawa – Bali sebagai lokasi keberangkatan pengiriman paket (origin shipment) dengan tujuan ke seluruh Indonesia. Kedepannya, layanan ini terus ditingkatkan.

Dia menjelaskan I-Drop” memberikan kemudahan mengirim paket bagi pengirim/penjual e-commerce hanya tiga langkah mudah. Pertama, etelah terjadi transaksi e-commerce, penjual akan mendapatkan notifikasi “I-Drop” secara otomatis dari RPX Mobile Apps. Kedua, penjual membawa paket pesanan ke Indomaret terdekat. Dan ketiga, Paket akan diantarkan RPX kepada pembeli. “Hadirnya RPX Mobile Apps versi terbaru yang diluncurkan tahun ini juga menjadi solusi pelanggan untuk merencanakan pengiriman paket hanya dalam satu genggaman,” terangnya.

Sejalan dengan fungsinya, RPX Mobile Apps mendukung “I-Drop”.Pelanggan melalui RPX Mobile Apps juga dapat melakukan pembayaran elektronik. RPX bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI 46) untuk menyediakan “myCash”. Fasilitas ini memudahkan pelanggan melakukan pengisian (top up) saldo yang nantinya dapat digunakan bertransaksi di RPX Mobile Apps, seperti membayar biaya transportasi/pengiriman (transportation fee payment): layanan pengambilan paket (pick up) atau mengantarkan paket ke lokasi pengiriman (drop off), pembayaran tunai atas nilai paket yang diterima (cash on delivery payment), membayar tagihan pengiriman paket dan pembayaran pajak bea masuk (duty tax). Dengan demikian, fitur ini menjadi akses pembayaran yang mudah, aman dan tepat bagi pelanggan serta pelaku e-commerce.

Corporate Secretary BNI 46, Kiryanto menyatakan “Kerjasama BNI sebagai BUMN dengan swasta ini semakin memberikan nilai tambah bagi nasabah BNI dan pelanggan RPX serta Indomaret. Saat ini pelanggan dimudahkan transaksi elektronik dalam hal pengiriman paket saat belanja online. BNI sangat mendukung industri ekspres dan logistik seiring penerapan pembayaran elektronik sesuai aplikasi digital dewasa ini. Terpenting lagi, kemitraan bersama RPX ini sebagai salah satu cara edukasi transaksi pembayaran dari perangkat mobile. “Tersedianya fitur myCash, sebagai salah satu strategi berkesinambungan oleh RPX dan BNI untuk menyediakan akses pembayaran yang mudah, aman dan tepat bagi pelaku UMKM ke jalur perdagangan online atau e-commerce,” tambah Kiryanto.

Bagi marketplace korporasi, RPX menyediakan Customer Automatic System (CASY). Layanan ini dapat diakses menggunakan website dan perangkat mobile (tablet & smartphone) melalui corporate.rpx.co.id.

Keunggulannya memudahkan pelanggan untuk mengirimkan paket dengan mengisi dokumen elektronik (customer automatic system), mengetahui tagihan (e-invoice), cek harga dan layanan (publish rate) serta mengetahui rincian transkasi pengiriman yang sudah dilakukan (shipping history). Melalui ini, pelanggan dapat melakukan pick-up request, secara sistem juga akan terhubung dengan “Kurir Android”.  “Tersedianya jasa ekspres yang dapat diandalkan, pilihan pembayaran elektronik dan akses kebutuhan pengiriman secara mobile ini, kami berharap dapat diterima dengan baik oleh pelanggan dan pelaku bisnis e-commerce. Layanan semakin membantu mempercepat arus jual beli online serta mendorong peningkatan bisnis di era digital. RPX optimis, pertumbuhan e-commerce  menjelang Lebaran meningkat 300 %,” pungkas Rubianto.