Said Abdullah Dilantik Jadi Ketua Banggar Periode 2019-2024

Wednesday 30 Oct 2019, 12 : 35 pm
by
Politisi senior PDI Perjuangan dilantik menjadi Ketua Banggar DPR RI

JAKARTA-Pimpinan DPR melantik politisi senior PDI Perjuangan, Said Abdullah sebagai pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI periode 2019-2024.

Pelantikan dilakukan setelah semua fraksi menyerahkan susunan anggota di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (29/10/2019).

Pelantikan Ketua Banggar dan wakilwakil ketua Banggar DPR ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku), Ir. Sufmi Dasco Ahmad SH, MH didi Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Adapun susunan anggota Banggar terdiri dari 100 orang yang berasal dari tiap fraksi di DPR.

Untuk Ketua Banggar dijabat Said Abdullah dari Fraksi PDPI.

Kemudian, wakil Ketua Banggar ditempati oleh Muhidin Mohamad Said dari Partai Golkar, Rusdi Masse Mappasessu dari Partai Nasdem, Cucun Ahmad Syamsurijal dari PKB dan Edhie Baskoro Yudhoyono dari Partai Demokrat.

Usai dilantik, Said menegaskan bahwa Banggar DPR siap menjadi mitra efektif untuk menghasilkan APBN yang sehat, kredible dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu, Banggar DPR RI akan lebih fokus dan cermat dalam setiap pembahasan anggaran.

“Dengan melihat kondisi ekonomi nasional tersebut, tentu akan berdampak terhadap pembahasan APBN nantinya,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian ini.

Said menegaskan APBN merupakan instrumen fiskal utama yang dimiliki oleh Pemerintah dalam menjalankan program pembangunan sebuah negara.

Oleh sebab itu, sesuai dengan amanah konstitusi Undang-Undang (UU) No. 17 Tahun  2003 Tentang Keuangan Negara  dan UU No. 13 Tahun 2019 Tentang MD3, penyusunan APBN harus dilakukan secara bersama-sama oleh Pemerintah dan DPR.

Sehingga nantinya APBN yang dihasilkan memiliki kekuatan hukum tetap dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang disahkan oleh DPR.

“Kami juga mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dimasa yang akan datang, sehingga bisa memberikan kesejahteraan lebih baik buat masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mahfud Optimistis Hakim MK Berani Buat Keputusan Monumental

JAKARTA–Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud MD, optimistis

Caleg Artis Tak Identik Elektabilitas

JAKARTA-Banyaknya parpol yang menjadikan artis sebagai calon legislatif (Caleg) dalam