Samakan HTI Dengan Vatikan, Pernyataan Din Syamsuddin Menyesatkan

Monday 17 Jul 2017, 12 : 24 am
by
Din Syamsuddin dan Paus Fransiskus

JAKARTA-Pernyataan Prof. Dr. KH. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA, atau dikenal dengan Din Syamsuddin bahwa perjuangan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang hendak mendirikan khilafah di Indonesia, sama dengan eksistensi Tahta Suci Vatikan yang menghilangkan sekat negara dan menjadi kiblat bagi umat Katholik di seluruh dunia, merupakan pendapat yang menyesatkan.

Pernyataan itu dapat merugikan Gereja Katholik dan umatnya di Indonesia, karena dilontarkan pada saat HTI dengan cita-citanya ingin membangun ideologi Khilafah di Indonesia dengan manggantikan Pancasila sebagai dasar negara, sedang menghadapi desakan publik untuk dibubarkan.

“Saya kira, apa yang disampaika Din Syamsudin itu keliru dan tendensius,” ujar Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Salestinus di Jakarta, Minggu (16/7).

Menurut batasan yang ada, khilafah adalah sistim pemerintahan yang wilayah kekuasaannya tidak terbatas pada satu negara, melainkan banyak negara di dunia, yang berada di bawah satu kepemimpinan dengan dasar hukumnya adalah syariat Islam.

Dengan kata lain Khilafah merupakan kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslim di dunia, untuk menegakan syariat Islam dan mengemban dakwah ke seluruh penjuru dunia.

Sedangkan Tahta Suci Vatikan merupakan pusat pemerintahan Gereja Katholik yang bukan saja diakui oleh negara-negara di dunia, akan tetapi juga oleh subyek-subyek hukum internasional lainnya diakui sebagai sebuah entitas berdaulat yang dikepalai oleh seorang Sri Paus dengan hak dan kewajiban yang analog dengan negara berdaulat sebagaimana Tahta Suci Vatikan dapat melalukan hubungan diplomatik dan menempatkan perwakilan diplomatiknya di berbagai negara di dunia.

“Tahta Suci Vatikan tidak pernah dalam mimpinya atau programnya ingin menggantikan ideologi Pancasila dan menempatkan ideologi Katholiknya menjadi dasar negara atau di negara manapun ketika Tahta Suci Vatikan menempatkan perwakilan diplomatiknya mengemban misi Gereja Katholik di suatu negara,” tegasnya.

Meskipun Tahta Suci Vatikan memiliki status ganda yaitu sebagai negara bagian dan sebagai Organisasi Gereja yang bersifat internasional bahkan menjadi subyek hukum Internasional, namun Tahta Suci Vatikan tidak pernah memiliki agenda untuk menjadikan ajaran Katholik menjadi ideologi negara dimanapun termasuk di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gandeng BAZNAS KemenKopUKM Perkuat Usaha Mikro Melalui Program ‘Jaga Usaha’

BEKASI-Penguatan usaha mikro menjadi salah satu agenda utama Kementerian Koperasi

IMPI Adukan Prabowo ke Polisi

JAKARTA-Calon Presiden Prabowo Subianto diadukan ke aparat kepolisian atas dasar