Sambut Idul Fitri 2018, BTN Siapkan Uang Tunai Rp 43 Triliun

Monday 21 May 2018, 4 : 37 pm
kompas

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyiapkan dana sekitar Rp 43,6 triliun guna mengantisipasi kebutuhan uang tunai menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H.
Angka tersebut melonjak lebih dari 48% dibandingkan persiapan uang tunai tahun lalu yang mencapai Rp 29,4 triliun. “Tahun ini lebih tinggi karena kami prediksi untuk 36 hari selama Ramadhan hingga usai Idul fitri karena panjangnya cuti besar,” kata Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (20/5/2018).

Menurut Maryono, kebutuhan uang tunai pada bulan Ramadan selalu mengalami peningkatan. Umumnya, kebutuhan likuiditas tunai tersebut naik hingga 30% dari hari biasa. “Adanya kebutuhan untuk biaya pendidikan untuk biaya masuk sekolah dan pembayaran tunjangan hari raya,” ujarnya

Sebanyak 30% dari dana tersebut atau sekitar Rp 13 triliun akan dialokasikan untuk pengisian mesin ATM BTN. Kemudian, sisanya atau sekitar Rp 30,6 triliun dianggarkan untuk kas pada kantor cabang.

Adapun, BTN tercatat memiliki 2.047 ATM dan terhubung dengan 10.000 jaringan ATM Link. BTN pun memiliki 961 jaringan kantor untuk melayani nasabah perseroan di seluruh Indonesia.

Maryono menambahkan untuk memberikan layanan perbankan kepada masyarakat pada saat libur cuti bersama, BTN tetap memberikan layanan secara terbatas. Kantor cabang BTN akan memberikan pelayanan secara terbatas sesuai dengan jadwal kliring yang diatur dari regulator. “Pelayanan kepada masyarakat tetap diberikan dan tidak boleh berhenti. Kami tetap buka dan memberikan layanan secara terbatas sesuai dengan jadwal kliring dari regulator yang akan kami umumkan kemudian,” jelasnya.

Berdasarkan laporan keuangan BTN per April 2018, Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai sekitar Rp 192 triliun naik sekitar 22% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 yang mencapai sekitar Rp157,52 triliun. Sementara dari sisi kredit, bank dengan kode saham BBTN menyalurkan kredit sekitar Rp 205 triliun atau naik sekitar 20% dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 170,45 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Bayar Utang, Bekasi Fajar Industrial Dapat Kredit Bank Mandiri Rp1,472 Triliun

JAKARTA-Manajemen PT Bekasi Fajar Industrial Tbk (BEST) melaporkan, pihaknya telah

Ibas Kagum Pelajar Pacitan Pecahkan Rekor Dunia Seni Tari Rontek

PACITAN-Anggota Komisi 10 DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono kagum dengan