Saragih: BUMN Menyebabkan Kemiskinan Masyarakat Sekitar Usaha

Sunday 22 Apr 2018, 9 : 36 pm
by
r. Bernaulus Saragih M.Sc, Ph.D, Saksi Ahli Pemohon Dalam Gugatan Terhadap UU No. 19 Tahun 2003 Tentang BUMN

Kesaksian staf pengajar Universitas Mulawarman itu merefleksi dari pengalaman bangsa Indonesia dalam mengeksploitasi sumber daya hutan pada masa 1970-1990an.

Pada kurun waktu itu, Indonesia adalah negara pengekspor terbesar kayu namun setelah tahun 2005 satu persatu perusahaan swasta nasional kehutanan maupun BUMN kehutanan menghilang dan Indonesia kehilangan sumber daya hutan terutama kayu tanpa memberikan banyak perubahan bagi masyarakat kita yang disekitar hutan.

Lebih dari 12 juta hektar hutan Indonesia, diurai lebih lanjut, dikelola oleh BUMN kehutanan. Pertanyaannya adalah, apakah kinerja BUMN lebih baik dari swasta? Ternyata tidak ! BUMN kehutanan menguasai lebih dari 15% hutan produksi alam Indonesia yang tahun-tahun terakhir ini adalah merupakan periode akhir dari produksi.

Masyarakat sekitar hutan yang jumlahnya mencapai lebih kurang 6 juta jiwa, ternyata tidak mengalami perubahan, bahkan dalam berbagai lokasi dan desa justru mengakibatkan rakyat semakin miskin karena kehilangan akses terhadap sumber daya hutan akibat berbagai larangan, ancaman maupun dampak dari over eksploitasi hutan yang menghilangkan sumber daya kehidupan bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menkes: Ancaman Pandemi Penyakit Susah Dibendung

“Dalam konteks kesiapan penanganan pandemi, dibutuhkan tingkat pemahaman yang sama
Penghentian sementara perdagangan saham TIRA terbatas pada upaya untuk melakukan cooling down

OJK Minta BEI Persingkat Jam Perdagangan di Bursa Efek

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mendukung langkah-langkah Pemerintah untuk mencegah