Satgas Pangan Provinsi Banten Pastikan Stok Sembako Aman

24
Satgas Pangan monitoring RPH Karawaci, kota Tangerang, Rabu (6/6/2018).

TANGERANG-Satgas pangan Polda Banten bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten memastikan keamanan pasokan sejumlah bahan kebutuhan pokok hingga lebaran 2018. Adapun kenaikan harga barang dianggapnya masih wajar, pada periode tingginya konsumsi masyarakat saat ini.

Kasubdit Indag Ditkrimsus Polda Banten AKBP Atot Irawan menegaskan, pasokan beras, gula, daging dan sejumlah bahan kebutuhan pokok jelang Lebaran di kota Tangerang aman.

“Tadi kami ke Bulog dan RPH di Tangerang, sejauh ini baik belum ada temuan. Untuk stok baik di Bulog yaitu beras, gula dan daging itu aman menjelang Lebaran 2018,” ujarnya di rumah potong Hewan, Karawaci, Kota Tangerang, Rabu (6/6).

Menurutnya, kenaikan sejumlah komoditas pangan yang terjadi saat ini masih dapat ditoleransi. Meski begitu, pihaknya akan menginvestigasi lebih lanjut jika terdapat kenaikan harga yang melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan Pemerintah.

“Kenaikan ini tipe beras jenis medium, itu memang dibeberapa lokasi masih ada kenaikan. Tetapi pemerintah melalui Bulog sudah gencar-gencarnya melakukan operasi pasar, termasuk mengadakan bazar-bazar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Distribusi Disperindag Provinsi Banten Imam Santoso mengaku bahwa pasokan daging di Kota Tangerang aman. Selain itu ia memastikan harga daging hingga saat ini masih stabil dikisaran Rp120 ribu perkilogram.

“Belum ada lonjakan harga yang berarti, mudah-mudahan keadaan ini bisa terus pertahankan. Kalau bisa mendekati hari raya Idul Fitri bisa turun, karena pemerintah pusat melalui Bulog sudah menyediakan berbagai stok baik daging sapi maupun kerbau,” katanya. (Raja Tama)