Saudi-Rusia Komit Pangkas Produksi, Harga Minyak Melonjak

Tuesday 17 Jan 2017, 2 : 46 pm
kompas.com

CALGARI-Komitmen Arab Saudi memangkas produksi minyaknya berimbas pada laporan perkiraan output AS yang akan naik lagi tahun ini. Tak hanya itu, bahkan Rusia dan ekportir utama lainnya di luar OPEC telah mengatakan bahwa mereka juga akan mengurangi produksinya.

Organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) telah sepakat memangkas produksi 1,2 juta barel per hari menjadi 32,5 juta barel per hari mulai 1 Januari dalam upaya mengurangi kelebihan pasokan global yang telah menekan harga selama lebih dari dua tahun.

Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan negaranya akan mematuhi secara ketat komitmen pengurangan produksi, mengungkapkan keyakinannya bahwa rencana OPEC untuk menopang harga akan berhasil.

Harga minyak mentah Benchmark Brent naik 41 sen per barel atau 0,7 persen menjadi 55,86 dolar, dan minyak mentah West Texas Intermediate naik 27 sen atau 0,5 persen ke posisi 52,64 dolar per barel.

Goldman Sachs mengatakan mereka mengharapkan tahun depan produksi minyak AS naik 235.000 barel per hari pada tahun ini, dengan sumur yang telah dibor dan cenderung memulai produksi pada semester pertama.

Produksi minyak dan gas kondensat Rusia rata-rata 11,1 juta barel per hari pada 1-15 Januari, dua sumber industri mengatakan pada Senin, turun hanya 100.000 bpd dari Desember. Rusia telah berkomitmen untuk memangkas 300.000 bpd selama semester pertama 2017, demikian dilaporkan Reuters. ***

Don't Miss

PT Wijaya Karya Beton Tbk

Naik 11,46%, Kontrak Baru Wijaya Karya Beton Tembus  Rp4,67 Triliun

JAKARTA-PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) atau Wika Beton  berhasil

Intan Fauzi: Pembangunan Jembatan Gantung Mampu Berikan Multiplier Effect

BEKASI-Anggota Komisi V DPR RI Intan Fauzi meninjau empat lokasi