Sekitar 2 Juta Kendaraan Melintas di Jalur Tol Tangerang-Merak

Wednesday 6 Jun 2018, 6 : 58 pm
by
Ilustrasi

TANGERANG- Presiden Direktur PT Astra Infra Toll Road Tangerang Merak, Krist Ade Sudiyono, memperkirakan 2 juta kendaraan akan melintas di tol Tangerang-Merak pada musim libur lebaran tahun 2018 ini. Setiap harinya, sekitar 163.758 kendaraan lalu lalang di tol tersebut.

Namun demikian, Sudiyono mengaku sudah mempersiapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas di tol tersebut, jika terjadi antrean kendaraan yang menumpuk.

Umumnya antrian panjang kendaraan terjadi di tiga gerbang keluar tol Merak, Cilegon Timur dan Gerbang Serang Timur.

“Jika antrean sudah menumpuk di Merak, maka akan dilakukan penampungan kendaraan di Jalan Cikuasa sampai pertigaan akses Tol Merak,” kata dia, Rabu (6/6).

Maka transaksi di gardu keluar gerbang Tol Merak dihentikan sementara atau diberlakukan sistem buka-tutup, dan akan dibuka kembali saat jalan Cikuasa bisa menampung kembali.

Dia pun meminta, pengguna jalan untuk beristirahat di rest area KM43 dan 68 jika kemudian diberlakukan sistem buka tutup di exit pintu tol Merak.

“Pengendara bisa beristirahat dulu di KM43 dan 68 saat sistem buka-tutup di gerbang tol Merak diberlakukan,” katanya.

Selain buka-tutup, pihaknya juga menerapkan pengalihan keluar tol di Gerbang Cilegon Timur atau Cilegon Barat sampai antrean sudah dirasa lengang.

“Kemudian, jika terjadi antrean di Cilegon Timur, sebagian kendaraan akan dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat. Hal serupa akan dilakukan jika antrean terjadi di Gerbang Serang Timur, maka akan dialihkan sebagian ke Gerbang Serang Barat,” kata Krist.

Bila diperlukan, sistem contraflow juga bisa diterapkan pada sejumlah titik yang sudah disipkan petugas untuk dialihkan ke gerbang tol terdekat. (Raja Tama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dampak COVID-19, Industri Perhiasan Alami Gangguan Penjualan

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mengakomodasi berbagai masukan dari sektor industri

Said Abdullah: Indonesia Kehilangan Peluang Devisa Dari Ekspor Batubara USD 3 Miliar/Bulan

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, MH Said Abdullah, meminta pemerintah