Sepanjang 2017, Investasi Sektor Industri Capai USD2,1 Miliar

Friday 12 Jan 2018, 2 : 39 pm
Menperin, Airlangga Hartarto

JAKARTA-Pemerintah menegaskan Investasi sektor industri mencapai angka tertinggi yakni 21,6 miliar dolar AS dengan 256 proyek dari seluruh investasi yang masuk sepanjang tahun lalu atau hingga 14 Desember 2017 yakni sebesar 42,6 miliar dolar AS dengan 1.054 proyek. “Pemerintah terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif serta memberikan kemudahan berbisnis di dalam negeri agar para investor meningkatkan penanaman modalnya di Indonesia dalam membangun perekonomian nasional yang lebih inklusif dan berkualitas,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Sementara itu, sektor pariwisata menyumbang sebesar 17 miliar dolar AS dengan 159 proyek, serta pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) 1,2 miliar dolar AS dengan 98 proyek.

Selanjutnya, sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM) 1,18 miliar dolar AS dengan 32 proyek, perdagangan 0,92 miliar dolar AS dengan 427 proyek, dan pertanian 0,27 miliar dolar AS dengan 22 proyek, serta sektor lainnya sebesar 0,43 miliar dolar AS dengan 60 proyek.

Airlangga menegaskan, pihaknya bersama pemangku kepentingan terkait terus bersinergi untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik investasi di sektor industri, antara lain melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif dan kepastian hukum, penggunaan teknologi terkini untuk mendorong peningkatan mutu, efisiensi dan produktivitas, serta pemberian fasilitas berupa insentif fiskal.

Selanjutnya, didukung dengan ketersediaan bahan baku, harga energi yang kompetitif, sumber daya manusia (SDM) kompeten, serta kemudahan akses pasar dan pembiayaan. “Pertumbuhan konsumsi juga perlu dijaga dan kembali ditingkatkan agar permintaan terhadap produk-produk industri semakin meningkat,” imbuhnya.

Peningkatan komitmen investasi baru ini didasari Perpres Nomor 91 Tahun 2017 tentang Peraturan Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Di samping itu juga berkat kolaborasi dua Satuan Tugas (Satgas), yaitu Satgas Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) dan Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB).

Agar pelaksanaan investasi dan kemudahan berusaha di Indonesia bisa terealisasi dengan efektif, kedua satgas tersebut mengubah seluruh proses investasi dan usaha di Indonesia menjadi online dan terintegrasi.

Airlangga menargetkan, pada 2018, nilai investasi yang bisa ditarik dari 13 kawasan industri akan mencapai Rp250,7 triliun. “Pemerintah telah memberikan kemudahan berinvestasi di dalam kawasan industri, antara lain melalui pemberian insentif fiskal dan nonfiskal serta pembentukan satgas untuk penyediaan gas, listrik, air, SDM, lahan, tata ruang, dan lain-lain,” jelasnya.

Sementara itu, menurutnya, proyeksi investasi di industri secara keseluruhan sektor manufaktur pada tahun ini sebanyak Rp352 triliun. “Dengan adanya investasi di sektor industri, tercipta lapangan kerja baru dan multiplier effect seperti peningkatan nilai tambah dan penerimaan devisa dari ekspor. Oleh karenanya, industri menjadi penunjang utama dari target pertumbuhan ekonomi,” paparnya. ***

 

 

Don't Miss

Tegakan Hukum Tanpa Pandang Bulu, Bukti Nawacita Masih Ada

JAKARTA-Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) mendukung penuh langkah Polri memberi status

Penegakan PPKM di Tangsel Terkendala Perda

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), berharap penegakan Protokol Kesehatan (Prokes)