Sepuluh K/L Terbaik Terima Penghargaan

32
Wamen Keuangan Mardiasmo memberikan penghargaan kepada K/L dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun 2015 di Jakarta (9/2)

JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan selaku pemegang otoritas pelaksanaan anggaran sekaligus pembina satuan kerja (Satker) kementerian/lembaga (K/L) di bidang perbendaharaan negara telah melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan anggaran K/L tahun 2015. Dari hasil monitoring dan evaluasi tersebut, Ditjen Perbendaharaan menetapkan sepuluh K/L dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun 2015.

Kesepuluh K/L tersebut yaitu Badan Kepegawaian Negara; Badan Search and Rescue Nasional; Badan Tenaga Nuklir Nasional; Mahkaman Agung; Kementerian Keuangan; Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Negara; Badan Standardisasi Nasional; Kepolisian Negara Republik Indonesia; Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi; serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan N.E. Fatimah dalam keterangan resminya menerangkan, monitoring dan evaluasi ini dilakukan melalui pengukuran kinerja K/L dalam 12 indikator kinerja anggaran yang didasarkan pada aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan, kepatuhan terhadap regulasi (compliance) dan efektivitas pelaksanaan kegiatan.

Ia menambahkan, kesepuluh K/L tersebut menerima penghargaan yang disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo pada acara rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2015 yang diselenggarakan di Jakarta pada 9-12 Februari 2016. Kegiatan yang melibatkan 87 K/L tersebut, lanjutnya, dimaksudkan untuk mendukung terciptanya pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang lebih efektif dan efisien.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini sendiri yaitu pertama, untuk memberikan gambaran umum hasil monitoring pelaksanaan anggaran dan membahas permasalahan-permasalahan yang spesifik dalam pelaksanaan anggaran K/L selama tahun 2015. Kedua, untuk memberikan langkah-langkah strategis dalam menghadapi pelaksanaan anggaran tahun 2016. “(Ketiga) menumbuhkan pemahaman dan kesadaran serta mengoptimalkan peran pimpinan strategis dalam melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran K/L-nya,” tambahnya. (sumber kemenkeu.go.id)