Shopee Pay Siapkan Diluncurkan

Tuesday 16 Jan 2018, 5 : 41 pm
kompas.com

JAKARTA-Pasar digital yang digarap para pelaku starup makin tak bisa dibendung. Pelaku e-commerce mulai menggarap serius soal pembayaran (payment). Shopee juga akan terus melakukan pemasaran iklan serta layanan pengiriman gratis. Selain itu akan mempertahankan fitur garansi harga termurah. “Shopee mempersiapkan sistem pembayaran milik Shopee sendiri,” kata Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna mengutip Kontan di Jakarta, Selasa (16/1/2018)>

Menurut Monica Vionna, saat ini pihaknya memiliki fitur Shopee Pay yang hanya digunakan untuk penjual saja. “Sedangkan untuk konsumen sedang kami diskusikan dengan pemerintah. Itu sedang kami godok,” tegasnya

Namun Monica belum mau merinci strategi sistem pembayaran ini. Selain itu, Monica juga menyatakan strategi yang akan dilakukan Shopee sepanjang 2018 berupa fokus pada aplikasi Shopee sehingga konsumen lebih nyaman menggunakan layanan Shopee.

Berdasarkan catatan, sepanjang 2017 bisnis Shopee Indonwsia tumbuh pesat begitupun dengan 2018 pihaknya berharap bisa tumbuh lebih besar lagi. Sayangnya Monica belum menyebutkan besaran pertumbuhan bisnis Shopee di 2017 dan target di 2018.

Shopee Indonesia mencatat pada akhir 2017 terdapat 2,5 juta pengunduh aplikasi Shopee. Sedangkan jumlah mitra penjual Shopee sebanyak 1 juta orang per 31 Oktober 2017.

Sebelumnya, Chief Executive Officer Shopee Chris Feng mengungkapkan total transaksi sebanyak tiga juta produk. Hasil ini melonjak enam kali lipat dari hasil 12.12 (Harbolnas) tahun 2016. “Indonesia menjadi pasar yang penting bagi Shopee yang menyumbang 40% dari keseluruhan bisnis Shopee,” tegasnya

Sayang, Chris tidak merinci soal jumlah nilai transaksi saat Harbolnas kemarin. Ia hanya menyebut kalau gross merchandise value (GMV) dari Shopee secara total selama dua tahun sudah mencapai lebih dari US$ 5 miliar. Hasil ini berasal dari 80 juta unduhan Shopee di tujuh negara, termasuk Indonesia.
Di acara Harbolnas tersebut, produk yang laris adalah powerbank, lampu LED, serta aksesori smartphone. Adapun pengiriman yang terjauh terjadi dari Medan ke Merauke yang berjarak 7.600 km.

Melihat hasil tersebut, Shopee masih bakal terus ekspansi di pasar Indonesia. Seperti memperbaiki tampilan muka dari situs belanja tersebut dan fokus di layanan customer to customer (CtoC).

Sayang, pebisnis online yang lain seperti Bukalapak, serta Lazada masih belum bersedia mengungkapkan hasil Harbolnas 2017. Hal ini diungkapkan Astrid Puspitasari, Manajer Humas Lazada Indonesia serta Public Relation Bukalapak Miftachur Rochman. ***

 

 

Don't Miss

Masyarakat Apresiasi Dana Bagi Hasil Pajak Pemprov Banten Rp1,8 Triliun

JAKARTA-Pemerintah Provinsi Banten menggelontorkan dana realisasi bagi hasil pajak sebesar

Danamon Umumkan Lima Peraih DSEA 2016

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) mengumumkan 5 (lima) peraih