Sikapi Hasil Pemilu, PCNU Cirebon Minta Umat Islam Jaga Persaudaraan

Thursday 23 May 2019, 8 : 19 pm

CIREBON-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Cirebon  mengapresiasi kepada seluruh penyelenggara Pemilu yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan prosefional, dari mulai tahapan hingga penetapan hasil Pemilu 2019.

Meski sempat terjadi adanya kerusuhan pada Selasa, 21 Mei 2019 kemarin di Ibukota Jakarta, Wakil Ketua PCNU Kota Cirebon KH Andi Yusuf di Cirebon mengatakan proses pemilu 2019 ini sangat demokratis.

Untuk itu, dia meminta seluruh masyarakat Indonesia agar menghormari bulan suci ini. Bulan ramadhan merupakan momentum yang tepat secara bersama-sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Kita juga sama-sama berdoa untuk kebaikan bangsa dan negara. Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk kembali bersatu dan merajut persaudaraan untuk keutuhan NKRI,” ucap Wakil Ketua PCNU Kota Cirebon KH Andi Yusuf di Cirebon, Kamis (23/5).

Pihaknya juga mendukung TNI dan Polri sebagai perekat Kesatuan dan Persatuan Bangsa Indonesia.

Menanggapi adanya seruan jihad dari salah satu kubu dalam Pilpres 2019, Kiai Andi mengatakan aksi yang berujung anarkis itu sebenarnya tidak ada di peperangan Rasulullah.

Perintah perang kata Kiai Andi, selalu dari Allah tidak serta merta dari pribadi rasulullah sendiri dan sebelum perang itu dilakukan oleh Rasulullah. Artinya ada upaya damai terlebih dahulu yang dilakukan dengan mengirimkan utusan.

Jika sudah dilakukan kemudian tidak bisa kemudian akhirnya mendapatkan perintah dari Allah. Itulah baru jihad sebenarnya di dalam peperangan untuk agama Islam dan sekarang dengan konteks seperti itu tidak bisa disamakan dengan aksi aksi apalagi yang berujung anarkis dengan jihad.

“Nah di bulan ramadhan inilah jihad yang terbesar dan sesungguhnya yaitu jihad melawan hawa nafsu, menahan hawa nafsu untuk tidak terprovokasi dan menjaga tali persatuan dan kesatuan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Intan Fauzi: Ketua Gugus Tugas Covid-19 Nasional Harus Diberi Diskresi

JAKARTA-Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PAN, Intan Fauzi, meminta

Arief Poyuono: Kinerja OJK Buruk Dalam Mengawasi Pasar Keuangan

JAKARTA-Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu FX Arief Poyuono