Singkawang Diminta Gandeng Investor Demi Majukan Industri Pariwisata

64

JAKARTA-Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong para kepala daerah lebih kreatif memajukan daerah. Salah satunya dengan mengembangkan industri pariwisata.

“Pariwisata di Singkawang ini potensinya sangat besar. Jadi kepala daerah di sini harus benar-benar punya inovasi dan kreatifitas,” kata Ketua DPD RI Osman Sapta Odang (OSO) dalam acara ramah tamah dengan Wakil Walikota Singkawang Irwan di Rumah Dinas Kantor Wakil Walikota Singkawang, Jumat (27/4/2018).

Seperti diketahui Wakil Walikota Singkawang Irwan merupakan Ketua DPC Partai Hanura Singkawang.

Lebih jauh OSO mendorong agar Pemkot Singkawang terus menjaring investor agar memperbanyak infrastruktur perhotelan. Hal ini demi mengantisipasi lonjakan turis, baik lokal maupun manca negara.

“Karena sektor pariwisata ini paling cepat mendongkrak ekonomi daerah. Jadi bisa menjadi pemasukan daerah (PAD),” tambahnya.

Pihaknya, kata OSO, juga akan membangun hotel baru demi menunjang industri pariwisata Singkawang. Oleh karena itu DPD meminta agar ada sinergi antara pemerintah daerah dengan swasta. “Sudah menjadi tugas saya untuk memakmurkan daerah, karena kemakmuran daerah adalah kepentingan DPD juga,” ungkapnya.

Disisi lain, lanjut Senator asal Kalimantan Barat, DPD juga menaruh perhatian besar terhadap wilayah-wilayah perbatasan. Karena wilayah perbatasan ini memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

“Makanya, kita kerjasama dengan TNI/Polri untuk menekan berbagai penyelundupan. Karena perbuatan illegal ini jelas merugikan negara,” tuturnya.

Diakui OSO, dirinya juga lebih mendorong kinerja DPD RI dalam berbagai hal, baik perumusan RUU maupun kerja-kerja Komite DPD.

“Itulah sebabnya saya konsentrasi memajukan daerah lewat DPD. Ini janji saya sejak lama untuk memakmurkan daerah. Tapi bukan berarti DPR itu lebih baik. Karena saat ini, saya kan lolos dan masuk DPD RI,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Singkawang Irwan, mengakui banyak prestasi yang telah dicapai sejak OSO memimpin DPD RI. Komunikasi antara pejabat daerah dan DPD terbangun positif.

“Pak OSO ini punya kelebihan, karena berasal dari anak daerah. Kemudian jadi pengusaha nasional dan masuk parlemen. Makanya sangat paham soal daerah,” ujarnya. ***